Kasatreskrim Polres Sergai, AKP A Alexander P Piliang (urutan keempat dari kiri) bersama Tim Scorpion sesaat setelah mengamankan tersangka Erwin (jongkok) di Kalimantan/foto : Jhonson

Onlinesumut-SERGAI : Berakhir sudah pelarian Erwin Simamora. Pria 31 tahun mantan karyawan PT Adira Finance Serdangbedagai (Sergai) ini, tak berkutik ketika disergap petugas Satreskrim Polres Sergai dipersembunyiannya di Basecamp Afd II, Perkebunan Kelapa Sawit PT Karya Luhur Sejati II, Desa Pandan Sari, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penduduk Jl. Gunung Leuser, Komplek Perum BP 7 Blok S, Kel. Tanjung Marulak, Kec. Rambutan, Tebingtinggi ini sebelumnya dilaporkan oleh perusahaan tempatnya bekerja dengan tuduhan penggelapan uang milik perusahaan jasa pembayaran itu mencapai Rp3 miliar.

Informasi yang diperoleh, Jumat (07/12/2018), tersangka melakukan perbuatannya dengan memanfaatkan jabatannya didalam perusahaan tempatnya bekerja. PT Adira Finance Sergai sebagai pihak yang dirugikan, baru mengetahui kejahatan itu pada Senin 23 April 2018.

“Modus yang dipakai yakni tersangka yang menjabat sebagai Marketing ini melakukan pengajuan survei fiktif kredit sepeda motor lebih kurang 200 unit sepeda motor,” kata Kasatreskrim Polres Sergai, AKP A Alexander P Piliang.

Lebih lanjut, tambah Alexander, setelah pengajuan sepeda motor disetujui pihak PT Adira Finance, lalu tersangka mengalihkan sepeda motor tersebut kepada orang sehingga perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 3 milliar.

Merasa ada yang tidak beres, jelas mantan Kanitreskrim Polsek Medan Timur ini, perusahaan tempat tersangka kerja, lantas melakukan pemeriksaan dan melaporkan kejadian yang dialami perusahaan ke Polres Sergai.

“Kita pun melakukan pemeriksaan dan tersangka sudah terlebih dahulu melarikan diri ke Kalimantan Tengah,” bebernya.

Dijelaskan pria alumni SMP I Bukit Tinggi ini, ia bersama dengan Tim Scorpion Satreskrim Polres Sergai dan Kanit Ekonomi, Iptu Ferry Arisandi pun langsung berangkat ke Kalteng begitu mengetahui keberadaan tersangka.

Alexander Piliang menjelaskan, pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Dirreskrimmum Polda Kalteng, Kombes Pol Drs agung Prasetyoko SH. “Subdit Jahtanras Polda Kalteng pun dilibatkan untuk membantu penangkapan tersangka,” bebernya.

Saat di Kalteng, Alexander menuturkan, pihaknya pun langsung melacak keberadaan tersangka di wilayah Kalteng bersama dengan Subdit Jahtanras Polda Kalteng ke lokasi Basecamp Afd II, Perkebunan Kelapa Sawit PT Karya Luhur Sejati II, Desa Pandan Sari, Kec. Kahayan Kuala, Kab. Pulang Pisau, Kalteng.

“Penangkapan terhadap tersangka dipimpin Kompol Win Widyanto SIK. Begitu diamankan, tersangka langsung diboyong ke Polda Kalteng sebelum dibawa ke Polres Sergai,” jelasnya.

Alexander Piliang menambahkan, membutuhkan waktu 8 jam perjalanan darat untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka di lokasi perkebunan itu. Tersangka diamankan pada saat tersangka hendak berangkat ke tempat pekerjaannya diareal perkebunan.

“Tersangka saat ini sedang dalam proses pemeriksaan guna mengetahui kemana sepeda motor tersebut dijual tersangka. Pada saat diamankan, tersangka tidak melakukan perlawanan,” pungkasnya.

Penulis : Jhonson Siahaan
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here