Disaksikan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto, Menteri ESDM Ignasius Jonan bersalaman dengan Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu usai meninjau PLTMG MPP 25 MW di Idanoi, Gunung Sitoli, Nias/foto : ist

Onlinesumut-NIAS : PT PLN (Persero) berencana terus melakukan pengembangan kelistrikan di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Mobile Power Plant (PLTMG MPP) Nias sebesar 25 Mega Watt menjadi salahsatu proyek yang kini menjadi andalan untuk mengatasi krisis listrik.

“Kita menargetkan awal 2019 Pembangkit Listrik PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) 25 MW (EPC PLN) yang saat ini tengah dibangun di Idanoi, Gunung Sitoli, Nias, akan beroperasi (COD) pada awal 2019” ucap Menteri ESDM Ignatius Jonan dalam kunjungan kerjanya di Gunungsitoli, Kamis (6/12/2018).

Dihidapan Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu, Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto, GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto, GM PLN UIP SBU Octavianus Padudung, PLN KIT SBU Bambang Is dan GM PT PLN UIP KITSUM
Weddy B Sudirman, Jonan juga berharap kepada PT PLN (Persero) dan kontraktor pembangkit untuk mempercepat pembangunan PLTMG MPP 25 MW tersebut.

Terkait hal ini juga, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan keberadaan PLTMG MPP 25 MW tersebut dibutuhkan Nias saat ini untuk mendukung operasional pembangkit MPP Nias 1×25 MW.

Selama ini jika terjadi gangguan pada MPP 1×25 MW itu, kata Wiluyo,maka sistem Nias akan berpotensi mengalami kondisi defisit, atau disebut dengan tidak memenuhi kriteria N-2 pada sistem isolated.

“Jadi solusi terhadap kendala ini ialah kami sedang membangun pembangkit gas lain (PLTMG) dengan unit size yang lebih kecil, yaitu 5×5 MW, sehingga N-2
dapat terpenuhi. Pembangkit tersebut ditargetkan akan beroperasi pada awal 2019,” jelas Wiluyo.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto mengatakan kesiapan pihaknya untuk memberikan layanan listrik bagi masyarakat rumah tangga maupun pelaku usaha.

“Kami persilahkan pemerintahan di Kepulauan Nias ini mengundang para investor berinvestasi di Nias. Listrik kita saat ini ada dan akan terus meningkat di tahun mendatang. Kami siap memberikan layanan terbaik bagi investor, agar juga hadirnya keandalan listrik di Nias mendorong pertumbuhan ekonomi,” imbuh Feby.

Penulis/Editor : Teuku Yudhistira

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here