Pasar Bundar yang saat ini kembali kepemilikannya ke Pemko Binjai setelah memenangkan Peninjauan Kembali (PK)/foto : sabar

Onlinesumut-BINJAI : Sebanyak 14 unit Rumah Toko (Ruko) di Pasar Bundar yang terletak di Jl. Sudirman, Kec. Binjai Kota, akhirnya kembali ke tangan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, setelah sebelumnya sempat dikuasai seorang Cahyati Candra, warga keturunan Tionghoa asal Medan.

Aset milik Pemko Binjai tersebut beralih, setelah pada 2014 lalu gugatannya dimenangkan Pengadilan Negeri (PN) Binjai serta Pengadilan Tinggi.

Kabar itu diungkapkan Walikota Binjai HM Idaham usai menghadiri kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemko dengan Kejari Binjai, tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara di Pendopo Umar Baki, Jl. Veteran, Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kamis (6/12/2018) siang.

Ditegaskan Idaham, bahwa perkara perdata terkait gugatan tanah atau aset Pemko Binjai sudah usai. “Sudah tidak ada lagi gugatan. Kita menang saat Peninjauan Kembali (PK) terkait Pasar Bundar. Kita juga menang di Pengadilan Tinggi (PT) terkait gugatan lahan eks HGU PTPN 2 di Jalan Soekarno Hatta, persisnya di Persimpangan Tugu,” bebernya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari PN Binjai, Cahyati Candra mengajukan gugatan berdasarkan akte notaris yang dibuatnya tahun 2014. Selain itu, Cahyati Candra juga mengajukan foto kopi peta lokasi yang bersengketa.

Sementara, Pemko Binjai sebagai tergugat ketika itu mengajukan data aset, surat perjanjian sewa menyewa tahun 1987, dan peraturan perundang-undangan terkait aset negara.

Kini, aset tersebut sudah kembali ke tangan Pemko. Walikota Binjai berharap tidak ada lagi gugatan terkait aset yang dimiliki Pemko Binjai.

Penulis : Sabar S
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here