Kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada pemilu tahun 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Nias di Aula Serbaguna Gido, Senin (3/11/2018)/foto : edy

Onlinesumut-NIAS : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Nias menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada pemilu tahun 2019, dalam kegiatan yang digelar di Aula Serbaguna Gido, Senin (3/11/2018).

Komisioner KPU Divisi Data dan Program Dedi Kurniawan Bate’e menyampaikan, sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan akurasi data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kab. Nias pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

“Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat Nias dan para pemangku kepentingan dalam pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu tahun mendatang,” ungkapnya.

Dedi Kurniawan menyampaikan materi pokok bahasan sosialisasi antara lain pemaparan tentang hak pemilih sesuai PKPU no. 11 dan penjelasan tahapan jadwal program dan kegiatan daftar pemilih tahun 2019 yang mulai dijadwalkan 18 Mei 2018 lalu hingga 18 Mei 2019 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Abineri Gulo selaku mantan Ketua KPU Nias, menjadi narasumber dengan menyampaikan permasalahan dan solusi seputar pemutakhiran data.

“Ada banyak problem selama menjadi komisiner KPU Nias terlebih dalam data pemilih, sehingga dulu selalu data berubah ubah,” kata Abineri Gulo.

Selama ini ada beberapa problem dan tantangan dalam data pemilih, diantaranya MAN, MECHANISM dan MECHINE.

Penulis : Edy Zega
Editor : Chairul Fadly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here