GM PLN UIP SBU Octavianus Padudung (jongkok bawah) bersama jajaran usai menanam pohon pada HMP 2018 di Desa Lumban Huala, Kec. Parmaksian, Tobasa/foto : yudis

Onlinesumut-TOBASA : Sebagai bentuk peduli kelestarian lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP SBU), melaksanakan Program Penanaman Penghijauan 1000 pohon di Desa Lumban Huala, Kec. Parmaksian, Kab. Tobasamosir (Tobasa), Rabu (28/11/2018).

Bertema ‘To Shape The World A Better and Safer Place’, kegiatan ini sendiri dilakukan tepat dengan peringatan Hari Menanam Pohon (HMP) yang jatuh pada hari ini 28 November 2018.

GM PT PLN UIP SBU Octavianus Padudung mengungkapkan, kegiatan ini juga merupakan dalam rangkaian Penanaman Serentak 22.000 pohon di seluruh Indonesia.

“Memang ini merupakan lanjutan dari penanaman yang pohon kita lakukan pada Bulan Juni lalu. Tujuannya jelas, tak hanya untuk melestarikan lingkungan saja, tapi juga untuk mengurungi emisi gas dan polutan yang terbuang ke udara dan mengantisipasi lahan kritis di lokasi Galang, Kab. Deliserdang ke Simangkuk, Kab. Tobasa yang merupakan areal proyek Sutet kita” ungkap Octavianus.

Di hadapan jajaran Muspika setempat yang hadir, Octavianus menjelaskan, berbagai pohon yang ditanam dalam kegiatan ini diantaranya pohon manggis, mangga, jengkol, petai, durian, aren, jambu madu dan banyak lagi jenis lainnya.

Terkait kegiatan ini, Kepala Desa Lumban Huala Tagor Manurung mengatakan, mewakili masyarakat setempat, pihaknya mengaku sangat menyambut positif kegiatan penghijauan ini dan sangat mengapresiasi PLN UIP SBU yang telah memberikan 1000 pohon.

“Saya imbau kepada masyarakat supaya tanaman ini dirawat dan diharapkan bisa bermanfaat dan berdaya guna bagi masyakarat. Seperti yang dikatakan Pak Padudung tadi, penanaman pohon ini tak hanya untui menjaga kelestarian, juga guna mengantisipasi erosi dan longsor, serta menghambat serangan emisi gas buang pabrik atau kendaraan. Saya harap ini bisa dijaga dan dirawat” ucapnya.

Tagor juga berharap, penghijauan di areal kosong di desa mereka bisa dilakulan secara menyeluruh. “Hari ini penanaman pohon dilakukan di atas lahan seluas 2 hektar. Kami berharap ke depan 68 hektar lagi lahan disini juga bisa dimanfaatkan untuk lahan penghijauan yang menghasilkan” tuturnya.

Sementara, tampak hadir dalam kegiatan ini Camat Parmaksian Paiman Butar-butar, Kadis Kehutanan Tobasa Bintar Manurung dan Linardo AB Sitorus, Kepala UPT KPH Wil IV Sumut.

Penanaman pohon bersama secara simbolis, menjadi puncak kegiatan yang terlihat disambut antusias masyarakat sekitar.

Penulis/Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here