Ketua Pengda IJTI Sumut Budiman Amin Tanjung/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Kisruh di tubuh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di bawah pimpinan Yadi Hendriana mulai menuai tanggapan dari pengurus daerah di seluruh tanah air, termasuk Sumatera Utara.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IJTI Sumut, Budiman Amin Tanjung pun turut bereaksi lewat 6 butir pernyataan sikapnya kepada media.

“Sama dengan Pengda-pengda IJTI lainnya tentang tuduhan- tuduhan negatif dan fitnah yang tidak mendasar terhadap Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pengurus Pusat IJTI. Kami nilai sangat merugikan posisi IJTI sebagai salah satu organisasi Pers yang diakui Pemerintah Repubik Indonesia dan sebagai konstituen Dewan Pers” tegas Budiman, Selasa (20/11/2018).

Untuk itu, katanya, Pengurus Daerah IJTI Sumatera Utara menyatakan:
1. Bersama-sama Pengda dan Korda Seluruh Indonesia, Pengda Sumut tetap satu barisan mendukung kepengurusan saudara Yadi Hendriana selaku Ketua Umum dan Indria Purnama selaku Sekretaris Jenderal IJTI Pusat
2. Pengda Sumut menilai roda organisasi di IJTI Pusat sudah berjalan sesuai AD/ART tanpa ada masalah apa pun, termasuk masalah pertanggungjawaban keuangan organisasi, karena telah dilaporkan secara transparan dan dipublikasikan melalui website www.ijti.org.
3. Seluruh keputusan yang diambil IJTI Pusat selalu melalui rapat pleno dan diketahui daerah secara transparan.
4. Sebagai organisasi profesi jurnalis televisi, kami sangat mengharapkan masukan dan kritik untuk perkembangan organisasi, namun kami tidak akan menerima dan tidak mentolerir fitnah-fitnah kepada kami.
5. Meminta seluruh pihak yang mengaku terkait dengan IJTI baik senior maupun pendiri untuk mengambil langkah-langkah yang bijaksana dalam menyikapi dinamika organisasi saat ini.
6. IJTI Pengda Sumut tetap berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas jurnalis, melakukan advokasi terhadap kemerdekaan pers dan jurnalis profesional yang menghadapi persoalan saat menjalankan tugas profesionalnya, serta melaksanakan dan menjaga pelaksanan Kode Etik Jurnalistik.

“Semoga pernyataan sikap yang kami rilis ini biasa menjadi salahsatu solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada” tutupnya.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here