106 views

Sungai Batang Gadis Madina Meluap, Jalan Penghubung Sumut-Sumbar Putus

Onlinesumut-KOTANOPAN : Pasca banjir bandang yang menewaskan belasan orang, Kabupaten Mandailingnatal (Madina) kembali diterpa bencana alam.

Kali ini, akibat meluapnya Sungai Batang Gadis, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di kawasan Kec. Kotanopan nyaris putus setelah tergerus derasnya air sungai itu.

Jalur sepanjang 30 meter amblas ke tepi sungai sehingga tak dilintask kendaraan dari Sumatera Utara menuju ke Sumatera Barat atau sebaliknya.

Informasi dari warga sekitar menyebutkan, kondisi ini terjadi pada Rabu (7/11/2018) malam, menyusul hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu.

“Sejak siang kemarin hujan deras mengguyur. Akibatnya Sungai Batang Gadis meluas dan menghantam jalinsum Sumut-Sumbar di Kotanopan ini” terang Sakti Nasution, petugas Dinas Perhubungan Pemkab Madina yang bertugas mengatur arus lalu lintas guna mengurai kemacetan, Kamis (8/11/2018).

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat pejalan kaki dan pengendara sepeda motor yang tetap nekad melintas, Pemkab setempat bersama pibak Kepolisian dan TNI juga tampak dikerahkan ke lokasi untuk mengatur lalu lalang warga dan kendaraan.

Sementara, kondisi ini turut dikeluhkan para pengendara yang biasa melintas di jalur ini.

Hendra Harahap misalnya, sopir yang biasa mengantar barang dagangan dari Kota Padangsidimpuan ke Solok, Sumbar. Ia pun mengaku pasrah harus antre berjam-jam akibat amblasnya jalan.

“Ya mau bagaimana lagi, harus sabarlah. Karena memang tidak ada jalur alternatif lain” keluhnya.

Sementara, hingga kini Pemkab Madina masih terus berupaya untuk melakukan perbaikan untuk memudahkan masyarakat dan pengendara bisa beraktivitas seperti semula.

Untuk percepatan, alat berat juga sudah didatangkan ke lokasi yang diterpa bencana.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *