107 views

Penggalang Ramu ll Ciptakan Kader Kepemimpinan Handal

Onlinesumut-RANTAUPRAPAT : “Perkemahan Penggalang Ramu bertujuan menciptakan tumbuhnya kader sehat dengan jiwa kepemimpinan handal, tangguh dan terpercaya untuk persiapan membangun jiwa dan raga demi kepentingan masyarakat dan bangsa.

Demikian diungkapkan Kamabicab 05 Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST,MT melalui Kadis Pora Ade Huzeni, SE pada pembukaan Perkemahan Penggalang Ramu ll tingkat SD/MI se-Kwarcab 05 Labuhanbatu, Jumat (2/11/2018) sore yang digelar di Lapangan Bola Kaki Pondok Ladang PTPN3 Janji, Rantauprapat.

Dalam Kegiatan itu juga, kata Ade, diharapkan mampu mengembangkan karakter anak usia 11-13 tahun dalam penempahan sejak dini yang memang membutuhkan kerja keras, kerjasama saling menguatkan demi terwujudnya tujuan Gerakan Pramuka.

“Seperti tertuang dalam AD/ART Gerakan Pramuka tahun 2013 yang bertujuan membentuk kepribadian beriman, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa,” ujarnya.

Sejalan dengan tema santun, ceria dan berbudi, pelaksanaan perkemahan diharapkan bisa berlangsung dengan gembira, menjalin persahabatan yang kokoh, beranjangsana ke setiap Gudep sambil mencari kelebihan masing-masing untuk penguatan pada ujung tombak Pramuka.

Kepada Pembina dan Pembimbing juga diimbau memakai pola welas asih yang berpedoman pada sistem among agar terwujud Gudep baik dan berprestasi disertai pertandingan jujur, penuh persaudaraan dengan tidak melupakan koordinasi kepada Kamabigus.

“Kepada adik-adik saya ingatkan dan berpesan, menjadi Gudep berprestasi adalah baik, namun ingatlah menjadi Gudep baik adalah sebuah prestasi. Terima kasih kepada semua pelaksana maupun orangtua peserta didik,” tuturnya.

Kadispora yang juga menjabat sebagai Ka.Mabisaka Pariwisata berpesan agar dewan juri dan panitia dapat melaksanakan tugas dengan baik dan adil, serta tidak merendahkan nilai karena kepentingan sesaat serta menjaga martabat agar saat mengambil keputusan tidak menjadi polemik.

Ade juga berharap, para dewan juri dapat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan penuh tanggungjawab dan menjunjung tinggi kode kehormatan Gerakan Pramuka yakni Tri Satya dan Dasa Darma.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Marianto dalam laporannya menyatakan, peserta sebanyak 900 terdiri 450 putra dan 450 putri serta diikuti seluruh Gudep se-Labuhanbatu. Kendati demikian, sangat memungkinkan jumlah peserta nantinya akan bertambah.

Penulis : AS Harahap
Editor : Teuku Yudhistira

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *