115 views

Pesawat Lion Air JT 610, Rute Soetta-Pangkal Pinang Hilang, Penumpangnya Sejumlah Pejabat Babel

Onlinesumut-JAKARTA : Kecelakaan transportasi udara di tanah air kembali terjadi. Pesawat type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik operator Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) dilaporkan telah hilang kontak pada Senin (29/10/2018) pada sekitar pukul 06.33 WIB.

Data yang dirilis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyebutkan, pesawat bernomor registrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E.

Pesawat ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. Pesawat sempat meminta return to base sebelum akhirnya hilang dari radar.

Sesuai data manifest, pesawat naas itu membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi dengan 2 Pilot dan 5 FA. Sampai saat ini telah hilang kontak selama kurang lebih 4 jam.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub saat ini tengah berkoordinasi dengan BASARNAS, Lion Air selaku operator dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Perum LPPNPI untuk melakukan kegiatan pencarian dan penyelamatan terhadap pesawat JT 610.

Pejabat Daerah

Sementara, pasca beredarnya informasi kecelakaan tersebut, sejumlah kerabat penumpang yang hingga kini belum diketahui nasibnya terlihat terus mendatangi Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang.

Suasana haru dan isak tangis tampak mewarnai area ruang tunggu bandara tersebut, saat para keluarga terus berupaya mencari informasi tentang nasib keluarga mereka.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan juga terlihat hadir di bandara untuk memantau langsung suasana di bandara.

Erzaldi Rosman Djohan dalam keterangannya di hadapan sejumlah wartawan mengatakan bahwa saat ini tim gabungan SAR terus berupaya melacak titik jatuhnya pesawat.

Ia juga tak menampik di antara penumpang pesawat turut didalam sejumlah pejabat daerah yang bertugas di Bangka Belitung.

“Ya, ada beberapa pejabat pemda, pihak BPK, Polres juga. sudah ya” terangnya.

Guna akurasi para penumpang, Djohan juga mengimbau kepada seluruh keluarga penumpang untuk berkumpul di posko hilangnya pesawat Lion Air JT 610 yang sudah didirikan di areal terminal penumpang.

“Saya harap seluruh keluarga penumpang bisa berkumpul di posko untuk pendataan anggota keluarganya” tukasnya.

Penulis/Editor : Teuku Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *