109 views

Dinas PMD Nias Utara Gelar Bursa Inovasi Desa

Onlinesumut-NIAS UTARA : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab. Nias Utara, menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) di Ruang Aula Kantor Bupati Nias Utara, Jumat (12/10/2018).

Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara mengatakan, bahwa program inovasi desa merupakan salahsatu upaya kementerian desa dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan melalui pemanfaatan dana desa lebih berkualitas dan strategis.

Juga pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khusus dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar dan infrastuktur desa.

“Tujuan pelaksanan program inovasi Desa (PID) adalah meningkatkan kualitas penggunakan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif,” tuturnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Nias Utara terdiri dari 112 desa, 1 kelurahan, 11 kecamatan berusaha melaksanakan pembangunan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Jhoni Allen Marbun mendorong pemerintah Daerah Kab. Nias Utara untuk dapat memanfaatkan sebaik mungkin dana desa dalam berinovatif mengembangkan potensi desa.

“Pengelolaan dana desa dalam rangka inovatif merupakan stimulan dimana bila program ini berhasil maka dapat meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya.

Kata Jhoni, kebebasan pengelolaan dana desa sangat mendobrak kesejahteraan melalui program pembangunan pedesaan yang inovatif.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini berjanji akan memperjuangkan anggaran dana hibah dalam mengembangkan inovasi desa dan pembagiannya secara proporsional terutama di Kepulauan Nias.

Sementara Hisikia Harefa, Ketua DPRD Kab. Nias Utara mengapresiasi serta mendukung penuh berbagai program pemkab terutama dalam pengembangan bursa inovasi desa demi menunjang perekonomian masyarakat.

Hisikia berharap agar Pemkab Nias Utara untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut guna penyelarasan pembangunan desa dan kabupaten ke arah perbaikan di masa depan.

Penulis : Edi Zega
Editor : Teuku Yudhistira

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *