Kobaran api saat meluluhlantakkan 22 unit rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, Jl Mangkubumi, Medan Maimun/ist

Onlinesumut-MEDAN : Peristiwa kebakaran kembali melanda pemukiman warga di sekitar bantaran Sungai Deli, Jl. Mangkubumi, Kel. Aur, Kec. Medan Maimun, Rabu (10/10/2018) malam sekitar pukul 20.45 WIB.

Pantauan di lokasi kejadian, hanya dalam sekejap, api berkobar besar. Tiupan angin kencang membuat si jago merah semakin meraja hingga melumat puluhan rumah yang umumnya semi permanen.

Api yang semakin tak terkendali, membuat warga sekitar panik berhamburan keluar rumah. Diantaranya hanya bisa menangis menatap ketika tempat tinggal mereka dilumat api tanpa bisa berbuat apa-apa.

Terlebih saat peralatan seadanya yang diandalkan warga untuk memadamkan api, juga tak meredakan keadaan.

Hanya mampu menyelamatkan harta benda seadanya, para korban pun akhirnya hanya bisa pasrah.

Lebih dari 10 armada Damkar Pemko Medan yang dikerahkan ke lokasi juga sempat kewalahan. Titik api yang berada di gang sempit juga membuat petugas tak bisa bekerja secara maksimal.

Menurut informasi, kebakaran berasal dari salahsatu rumah penduduk.

“Informasi sementara, titik api berasal dari rumah warga yang sedang ditinggal pemiliknya,” ungkap Lurah Aur Liza Harahap.

Sementara, setelah berjuang sekitar 2 jam, kobaran api berhasil dikendalikan hingga akhirnya bisa dipadamkan.

Berdasarkan data dari BPBD Kota Medan, akibat peristiwa itu, sebanyak 22 unit rumah musnah dan 22 KK harus kehilangan tempat tinggal.

Meski tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sejauh ini, insiden amuk si jago merah itu masih diselidiki petugas Polsek Medan Kota.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here