597 views

Realisasikan Daerah Pariwisata dan Investasi, PLN Mudahkan Pemkab Humbahas Dapatkan Listrik

by
GM PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Feby Joko Priharto, menyaksikan penandatangan kerjasama kemudahan listrik yang dilakulan Manajer UP3 Sibolga, Poltak Tahi Paradongan Samosir dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, di Kantor Kabupaten Humbahas/ist

Onlinesumut-HUMBAHAS : Untuk merealisasikan Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) sebagai Daerah Pariwisata dan Investasi, PLN UP3 Sibolga menandatangani Kesepakatan Bersama Kemudahan Mendapatkan Listrik dengan Pemkab Humbahas.

Disaksikan GM PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Feby Joko Priharto, kesepakatan Bersama ini ditandatangani oleh Manajer UP3 Sibolga, Poltak Tahi Paradongan Samosir dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, di Kantor Kabupaten Humbahas, Selasa (9/10/2018).

Dalam sambutannya Feby mengatakan, PLN UIW Sumut sudah melakukan MoU dengan Pemprov Sumut dan juga Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) pada 1 Oktober 2018 lalu, di PLN UIW Sumut.

“Sebagai tindaklanjut MoU dan PKS tersebut, PLN melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama untuk memberikan kemudahan kepada seluruh Investor dalam rangka kemudahan dalam mendapatkan listrik dengan Pemkab Humbahas”, jelas Feby.

Dengan adanya Kesepakatan Bersama antara PLN UP3 Sibolga dan Pemkab Humbahas ini, kata Feby, diharapkan akan menggiatkan perekonomian di Humbahas secara khusus dan Sumatera Utara pada umumnya

“Sebab, daya mampu kelistrikan di Sumatera Utara pada saat ini telah surplus, dengan cadangan daya sebesar 654 MW pada saat malam hari (waktu beban puncak), 772 MW pada saat siang hari (Luar waktu beban puncak), dan 1.000 MW pada saat hari libur dan hari besar. Untuk mewujudkan itu, tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat Kabupaten Humbahas”, ujarnya.

Ditambahkan Feby juga, meskipun surplus, listrik di Sumatera Utara tidak akan handal tanpa dukungan dari masyarakat, termasuk Masyarakat di Humbahas.

“Pepohonan yang dekat dengan jaringan listrik PLN, jika tumbang sewaktu-waktu bisa menyebabkan terganggunya aliran listrik kepada pelanggan. Untuk itu kami juga mohon kerjasama dari Pemkab Humbahas untuk turut mensosialisasikan kepada masyarakat tentang hal tersebut, demi terjaminnya kehandalan listrik di Humbahas”, tambah Feby.

Sedangkan Dosmar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PLN atas terjalinnya kesepakatan bersama ini, dan tentu memudahkan para penanam modal untuk berinvestasi di Kabupaten Humbahas.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PLN yang turut mendukung pembangunan Kabupaten Humbahas terutama di sektor perekonomian, karena kemudahan yang ditawarkan PLN dalam mendapatkan layanan kelistrikan ini”, tutur Dosmar.

Ia juga menuturkan siap menjadi bagian dari PLN untuk menjadikan listrik Humbahas lebih handal. Untuk itu, Dosmar pun mengimbau jajaran muspika yang hadir dalam kesempatan itu untuk turut serta membantu dan mendukung program-program PLN di seluruh wilayah Kabupaten Humbahas.

“Kami juga bagian dari PLN, jika PLN membutuhkan bantuan dari kami seperti perampalan pohon dan program-program lainnya, kami siap”, tegas Dosmar disambut tepuk tangan para hadirin.

Usai kegiatan, Feby mengungkapkan bahwa sambutan Bupati Humbahas terhadap kerjasama ini cukup positif. Ia berkeyakinan kedepan akan terjalin kerjasama yang baik antara PLN dengan Kabupaten Humbahas. Apalagi sejauh ini baru Humbahas menjadi kabupaten pertama yang melaksanakan kesepakatan dengan PLN UIW Sumut.

“Humbahas menjadi yang pertama, setelah ini kami juga akan menandatangani kesepakatan dengan kabupaten atau kota yang lain”, tutupnya.

Dalam kesempatan itu juga ditandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) Layanan Premium Silver 197.000 VA antara PLN UP3 Sibolga dengan RSUD Dolok Sanggul. Layanan Premium Silver ini menjadi yang pertama di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Feby dan rombongan juga menyempatkan untuk mengunjungi lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) Batang Toru 3 dengan daya 2 x 5 MW yang terletak di Dusun Pea Raja, Desa Simasom Toruan, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara.

Independent Power Plant (IPP) tersebut saat ini sudah masuk tahapan PJBL, dan direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2020.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *