Manajer PLN Area Binjai Dicky Hiwardi bersama Saman, Manajer sekaligus mewakili PT. Sumatera Plastik Industry dan PT. Sumatera Jaya Blue yang merupakan PT. Yumeida Group, melakukan salam listrik usai penandatanganan Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL), Kamis (4/10/2018)/ist

Onlinesumut-BINJAI : Sistem kelistrikan Regional Sumatera Utara yang kini surplus dengan margin mumpuni, mrmbuat PLN semakin optimis untuk
memperkuat kehandalan listrik PLN sebagai motor pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

Di samping itu, kondisi demikian juga diyakini mampu meningkatkan pelayanan, sehingga kelebihan daya itu benar-benar dinikmati oleh seluruh pelanggan PLN.

Untuk mewujudkan itu semua, PLN area di seluruh Sumatera Utara pun terus bergerak cepat di lapangan untuk memberikan pelayanan ekstra terhadap pelanggan

Hal itu pula yang kembali dilakukan PLN Area Binjai lewat kegiatan penandatanganan Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL) layanan premium silver untuk PT. Sumatera Plastik Industry dan PT. Sumatera Jaya Blue yang merupakan PT. Yumeida Group, Kamis (4/10/2018).

Terkait hal ini, Manajer PLN Area Binjai Dicky Hiwardi mengatakan, sebelum menjalin kerjasama, pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan-pendataan khusus pelanggan tegangan menengah sebanyak 248 pelaku industri di Binjai.

“Diantaranya adalah PT. Sumatera Plastik Industry sebesar 555 KVA dan PT. Sumatera Jaya Group sebesar 865 KVA” terangnya.

Selanjutnya, pada 3 Oktober 2018, PLN Area Binjai mulai melakukan pendekatan kepada pelanggan melakukan penawaran produk-produk unggulan PLN. Salah satunya adalah layanan prioritas.

“Mengapa prioritas, karena saat ini kondisi energi PLN sudah surplus sebesar 300 MW. Kelebihan prioritas dari sisi kehandalannya lebih baik dari regular.
Dari sisi pendekatan PLN ke pelanggan, apabila pelanggan ada keluhan, mereka bisa langsung berkomunikasi dengan manajer yang ada di area ataupun wilayah” ungkapnya.

Apabila pelanggan di Rayon Binjai Timur, sambungnya, pelanggan dapat langsung mengadukan ke manajer area.

“Untuk ini, PLN siap 24 jam untuk menerima pengaduan sebagai bentuk pelayanan prioritas” tandasnya.

Untuk menjadi pelanggan premium silver, sambungnya, pertama dilakukan sosialisasi atau kunjungan ke beberapa pabrik dan pelanggan industri yang ada di lokasi Area Binjai.

“Hingga akhirnya kita mengenalkan produk-produk prioritas mengenai kehandalannya” pungkasnya.

Terkait kerjasama ini, Saman selaku manajer PT. Yumeida Utama Industri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi presentasi mengenai program PLN untuk setiap industri program premium hingga akhirnya diputuskan penandatanganan STJBL.

“Kami mengambil program silvernya. Bagi kami pelaku industri yang juga pelanggan, secara penjabaran, PLN cukup baik. Kami tinggal menunggu tindaklanjut mengenai pemasangan” ucapnya.

Dari segi pelayanan, kata Saman, sebelum PLN menawarkan programnya, pihaknya sudah melakukan penjajakan terlebih dahulu.

“Mereka melakukan presentasi lalu kami pelajari untuk tindak lanjut, sampai akhirnya hari ini sekitar pukul 15.00 WIB kami melakukan kesepakatan dan penandatanganan kerjasana di Jl. Langsa Desa Purwodadi, Kec. Sunggal untuk kontrak pelanggan dengan Sumatera Plastik Industri 550 KVa dan Sumatera Jaya Blue 865 KVa”

Saman pun kembali menjelaskan, untuk kerjasama ini, pihaknya sengaja mengambil layanan premium untuk konsumsi jangka panjang agar tidak terjadi pemadam listrik dan mengganggu operasional industri mereka.

“Secara anggaran, kami belum menghitung mana yang lebih hemat antara pemakaian genset dengan layanan premium PLN ini, tapi kami yakini secara garis besar lebih hemat layanan PLN ini,” tandasnya.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here