GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto didampingi para Senior Manajer PLN Wilayah Sumut mengecek kesiapan personel dan perangkat yang akan terlibat dalam perhelatan akbar MTQ Nasional ke XXVII tahun 2018 demi menjaga kehandalan listrik/foto : Yudis

Onlinesumut-MEDAN : Sebagai tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVII tahun 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang kelancaran kegiatan yang dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Salahsatu hal yang menjadi perhatian adalah pasokan listrik di Gedung Serbaguna, Jl Williem Iskandar, yang menjadi pusat seluruh kegiatan yang akan digelar 4-13 Oktober 2018 di Medan dan Deliserdang.

Untuk memastikan kesiapan sekaligus menjaga kehandalan listrik di arena MTQ, PLN Wilayah Sumatera Utara bersama PLN Area Medan, Rabu (3/10/2018), menggelar apel kesiapan pasokan listrik di arena kegiatan.

Selain dihadiri Walikota Medan Dzulmi Eldin yang bertindak sebagai inspektur upacara, turut hadir GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto dan Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto.

Usai apel, Feby Joko Priharto mengatakan, pihaknya menjamin tidak akan ada pemadaman listrik di arena kegiatan yang akan digelar selama 9 hari itu.

“Kami PLN wilayah Sumatera Utara khususnya Area Medan sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan suplai listrik baik dari pembukaan sampai penutupan acara akan berlangsung aman dan lancar” ucap Feby optimis.

Salahsatu langkah yang dilakukan PLN, kata Feby, pihaknya akan menggunakan sistem double suplai dengan menggunakan 2 Gardu Induk (GI).

Tidak itu saja, PLN juga menyediakan genset sebagai back up di lokasi bahkan di spot-spot tertentu untuk kebutuhan lighting, sound system serta menyiapkan UPS.

“Di samping itu, meski suplai listrik di arena MTQ menggunakan double GI, dipastikan juga hal itu tidak akan mengganggu suplai listrik di tempat lain khususnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Artinya, pelayanan kepada masyarakat sebagai pelanggan kita tidak akan terganggu” ujarnya.

Sebagai bentuk kesiapan PLN, sambung Feby, dari sisi infrastrur turut diperkuat dengan penambahan personel di lapangan.

“Diperkuat mulai dari orangnya, material, peralatan dan sperpart serta peralatan penunjang lainnya, sehingga kita pastikan tidak akan menggangu pelayanan listrik ke masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Walikota Medan, Dzulmi Eldin berharap agar pihak-pihak yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ini bisa menjalankan tugas sesuai tupoksinya. Hal ini agar pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan aman dan lancar dan sukses.

Ia juga menyatakan sudah mengingatkan PLN agar menyiapkan segala sarana dan prasarananya.

“Tugas dan tanggungjawab ini tidaklah ringan, tanggungjawabnya sangat besar. Saya dalam kesempatan ini juga mengajak Kapolrestabes agar beliau dapat melihat langsung karena ini merupakan tanggung jawab beliau juga,” paparnya.

Eldin juga mengajak seluruh pihak untuk bersama menjaga kekondusifan Kota Medan dan Deliserdang sebagai tuan rumah perhelatan nasional ini. Kesiapan ini, baik PLN dan pihak terlibat lainnya diimbau agar tidak terlena dikahwatirkan mengakibatkan kendornya pengawasan.

Sementara itu, pada apel siaga kesiapan pasokan listrik tersebut juga dilakukan peragaan PS4 oleh petugas PLN Rayon Medan Baru. Hal ini dilakukan sebagai simbol kesiapan PLN dalam perhelatan tersebut.

Sementara, turut hadir dalam kegiatan ini Manajer PLN Area Medan Lelan Hasibuan, Asisten Jaringan Medan Ricky Yakob dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Medan M Husni.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here