Kerumunan warga terlihat memadati loket pengurusan administrasi Dinsos Tapteng untuk mendapatkan bantuan lewat program Bedan Rumah yang diluncurkan dinas tersebut/foto : Benny

Onlinesumut-TAPTENG : Ratusan masyarakat kurang mampu, Selasa (2/10/2018), terlihat memadati Kantor Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Tapanuli Tengah di Jl. Junjungan Lubis No 11, Kec. Pandan.

Rupanya, pemandangan yang berbeda di kantor dinas itu terjadi, karena warga saling berlomba untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh dinsos tapteng buat perlengkapan administrasi terkait program bantuan ‘Bedah Rumah’ yang diluncurkan

“Kondisi rumah sudah tidak memungkinkan,  adanya program ini dari pemda setempatkan lumayan,” ujar seorang wanita parobaya yang mengaku berasal dari Pandan.

Pantauan di lokasi, terlihat masyarakat sudah datang berduyun-duyun ke kantor Dinsos sejak pukul 07.00 pagi. Para petugas pun terlihat dibuat sibuk
memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk melengkapi data.

“Semua petugas kita perdayakan agar lebih cepat,” kata Sekretaris Dinas Sosial, Maharni Sitompul.

Maharni mengatakan, kedatangan masyarakat ini untuk melengkapi berkas persyaratan berupa, Surat Keterangan Tidak Mampu dari lurah (SKTM), foto kondisi rumah, ukuran tanah, foto copy KK dan KTP.

Ditambahkannya, program Dinas Sosial ini adalah untuk seluruh masyarakat yang tidak mampu. Bagi masyarakat yang berkasnya sudah lengkap, akan langsung dihubungkan melalui pogram BDT (Basis Data Terpadu).

“Batasnya sampai tanggal 15. Untuk hari ini, ada sebanyak 540 berkas yang masuk. Bagi masyarakat yang tidak terdata di BDT maka tidak akan menerima program bantuan dinas sosial,” jelasnya.

Sementara, hingga siang sekitar pukul 12.30 WIB, masyarakat yang membawa berkas persyaratan masih terlihat berkerumun di kantor Dinsos.

Penulis : Benny
Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here