Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara HT Darwansyah berfoto bersama panitia Mukernas Amphuri usai beraudiensi/ist

follow site Onlinesumut-MEDAN : Panitia Musyawarah Kerja Nasional Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (MUKERNAS AMPHURI), Senin (24/9/2018), melakukan audensi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Utara HT Darwansyah serta jajarannya di ruangan VIP UPT Asrama Haji Pangkalan Mashyur Medan.

Pihak panitia yang diwakili Kabid Media dan Informasi H Ikhwansyah Nasution dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan bimbingan dan petunjuk, sekaligus mengundang Kakanwil untuk turut menghadiri Mukernas Amphuri yang rencananya akan digelar di Grand Mercure Hotel dan di kawasan wisata Danau Toba, Parapat (Parapat View) 28-30 September 2018 mendatang.

“Alhamdulillah Bapak Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Drs HT Darwansyah MA sangat mendukung Mukernas Amphuri ini. Beliau mengaharapkan seluruh stake holder khususnya semua anggota Amphuri saling bahu membahu mewujudkan penyelenggaraan haji dan umrah yang baik dan bertanggung jawab. Dengan penyelenggaraan Haji dan Umrah yang baik maka akan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada peyelenggara umrah” ucap Ikhwansyah usai audiensi.

Pria yang akrab disapa Iwan ini juga mengatakan, Kakanwil juga menyatakan rasa syukurnya bahwa Amphuri berkomitmen membina para anggota nya dan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada semua jamaah yang dilayani dalam perjalanan Umrah masing masing.

“Beliau juga mengingatkan para penyelenggara agar senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian Agama, khususnya di wilayah Sumatera Utara, sehingga tercipta sinerji antara Kementerian Agama dengan para penyelenggara umrah yang baik” terangnya menirukan ucapan Kakanwil Kemenag Sumut.

Disinggung masalah travel yang berizin atau dikenal dengan PPIU (Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umrah), sambung Iwan, Kakanwil juga menjelaskan dari ratusan travel yang ada di Sumatera Utara baru 32 Travel saja yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama. “Maka beliau mengharapkan kehati-hatian masyarakat dalam memilih dan menentukan travel atau biro perjalanan umrah mereka, jangan sampai tergiur dengan harga murah namun tidak bertanggung jawab” tandasnya.

Dalam audiensi itu juga, kata Iwan, panitia Mukernas Amphuri juga melaporkan kegiatan Mukernas ini dijadwalka akan dihadiri sedikitnya 400 orang pemilik Biro Perjalanan Umrah dan Haji dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Amphuri.

“Selain melaksanakan Mukernas di Grand Mercure Hotel, semua peserta juga akan diajak menikmati keindahan alam Sumatera Utara dengan mengunjungi Danau Toba dan memperkenalkan banyak budaya lokal Sumatera Utara termasuk kulinernya yang terkenal di seluruh nusantara” pungkasnya.

Dalam Audensi ini Panitia Mukernas Amphuri diwakili oleh beberapa panitia dari jajaran AMPHURI DPD Sumbagut diantaranya Mita Tanjung (Sekretaris/Almerah Plaza Travel), H Hendriansyah Lc.MA (Kepala Bidang Umrah dan Haji/ Malindo Travel) dan H Ikhwansyah Nasution S.Sos ( Kabid Media dan Informasi/Adliyah Travel).

Sementara dari pihak Kanwil Kementerian Agama provinsi Sumatera Utara, selain Kakanwil Drs HT Darwansyah MA, turut mendampingi Drs H Muslim Lubis MM (Kabid haji dan Umrah), Drs H Farhan Indra MA (Kasi pembinaan Haji & Umrah) , Drs H. Abdul Azim MA (Kasi Akomodasi dan Transportasi), Drs H Radison Sitepu S.PdI (Kasi Informasi Haji) serta H Eri Nofa SE, MAP (Kasi Pendaftaran dan Dokumen).

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here