79 views

Buntut Pengusiran UAS di Jawa, Giliran GP Ansor dan Banser Diusir di Langkat

Onlinesumut-LANGKAT : Insiden pengusiran dan penolakan dakwah Ustadz Abdul Somad (UAS) di Tanah Jawa oleh kelompok GP Ansor dan Banser, akhirnya mulai berbuntut dengan aksi balasan.

Kegiatan Kirab Satu Negeri yang dihelat PC GP Ansor Kab Langkat, Sumatera Utara di Gedung Nasional di Jl Merdeka, Kec Tanjungpura, Rabu (19/9/2018) siang, berujung ricuh setelah sekelompok massa yang datang secara tiba-tiba mengusir seluruh peserta yang hadir.

Sambil berteriak-teriak, massa sempat melontarkan kecaman atas sikap Ansor dan Banser yang mereka tuding telah mengusir UAS ketika menggelar safari dakwah di Jawa, sehingga kelompok itu dinilai tak pantas pula menggelar kegiatan di Langkat “Ustadz Abdul Somad sudah di usir oleh mereka, kami pun akan mengusir mereka,” teriak massa yang terus membludak.

Suasana sempat memanas. Aparat kepolisian yang berusaha meredakan situasi, tampak dibuat panik. Apalagi massa yang notabene penduduk setempat tetap menolak kegiatan itu, kendati pihak Ansor mencoba menjelaskan kegiatan mereka.

Tapi upaya itu gagal, karena emosi massa sudah lebih dulu tersulut. “Tetap bubarkan. Kami tidak mau ada acara di tempat ini. Orang Langkat tidak mengenal Islam Nusantara,” teriak massa kembali.

Guna mengantisipasi situasi yang mulai tak terkendali, panitia kegiatan lantas mencoba mengarahkan seluruh peserta dan tamu undangan ke halaman Masjid Ajizi Tanjungpura.

Namun situasi tak jauh berbeda. Massa yang tetap tak menginginkan keberadaan GP Ansor dan Banser, kembali mengejar rombongan itu ke areal masjid.

Pengusiran kembali terjadi. “Bubar kalian, jalan-jalan” teriak massa kembali saat mereka mendatangi sejumlah mobil milik anggota organisasi itu terpakir di halaman Masjid Ajizi.

Upaya negosiasi sempat dilakukan kembali. Tapi massa tetap enggan menerima kehadiran mereka sampai akhirnya seluruh mobil pembawa massa GP Anshor dan Banser, keluar halaman masjid.

Penulis/Editor : Teuku Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *