1,589 views

Berniat Kuliah di Belanda, Cari Informasinya di Nuffic Neso Indonesia

by
Kegiatan Nuffic Neso Indonesia di Medan dalam sosialisasi informasi sekaligus memberikan konsultasi secara gratis mengenai lebih dari 2100 program beasiswa/ist

Onlinesumut-MEDAN : Bagi sebagian orang, menempuh jalur pendidikan diluar negeri masih menjadi sebuah kemewahan. Selain banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum memutuskan melanjutkan pendidikan diluar negeri, pembiayaan yang masih dianggap terlalu mahal tentu juga menjadi salahsatu faktor kendala.

Namun, persoalan pembiayaan yang besar, saat ini mulai bisa disiasati. Salahsatunya dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan program beasiswa yang semakin menjamur. Misalnya program beasiswa yang dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia.

Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-prodit di Belanda yang ditunjuk langsung oleh Pemerintah Belanda.
“Nuffic Neso Indonesia adalah perwakilan Nuffic yang dipercaya menangani kerja sama internasional dibidang pendidikan dan didanai oleh Pemerintah Belanda,” ujar Counselor Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Viddy M. Naufal, di Medan pada Kamis (13/9/2018).

Menurut Viddy, Nuffic Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara gratis mengenai lebih dari 2100 program beasiswa. Nuffic Neso Indonesia juga ikut memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda. Sehingga setiap tahunnya, pelajar Indonesia dapat memperoleh subsidi pendidikan dari Pemerintah Belanda.

Belanda sendiri menjadi salah satu tujuan favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya. Faktor yang paling utama terkait kehidupan di Belanda yang disebut Viddy sangat mirip dengan di Indonesia. Terlihat dari makanannya, interaksi sosialnya hingga heterogennya kehidupan bermasyarakat di Belanda.

Karena itu, banyak pelajar Indonesia yang saat ini tinggal di Belanda menyebutnya sebagai rumah yang jauh.

“Bagi kami pelajar Indonesia disana, kami sering menyebut Belanda sebagai rumah yang jauh. Sebab kehidupannya sangat mirip. Kemudahan lain, disana juga orangnya 90 persen bisa bahasa Inggris. Jadi tidak sulit seandainya diawal kita tidak bisa Bahasa Belanda”, ungkap Viddy.

Mengenai sistem pendidikan tinggi di Belanda, terdapat dua jenis utama perguruan tinggi. Pertama adalah universitas ilmu terapan, yaitu universitas yang program studinya berfokus pada aplikasi praktis ilmu pengetahuan dan seni, Durasi studi untuk jenjang pendidikan jenis adalah 4 tahun bagi program sarjana dan 1 hingga 2 tahun untuk program Magister atau Master.

Sementara yang kedua yaitu cabang pendidikan berbasis universitas riset. Jenis ini menawarkan program berorientasi riset dengan studi pendidikan 3 tahun bagi Program Sarjana. Sedangkan Program Magister atau Master dapat ditempuh dalam waktu 1 hingga 2 tahun dan Program Spesialis (PhD) dalam waktu 4 tahun.

Bagi pelajar Indonesia yang ingin mencari info lebih lanjut, dapat mengunjungi situs resmi Nuffic Neso Indonesia.
“Bagi yang ingin tau lebih banyak, bisa datang ke acara World Education Expo Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Adimulia Medan pada 13 September 2018. Atau bisa lihat website kita juga di www.nesoindonesia.or.id,” tandas Viddy.

Info lebih lanjut juga dapat diperoleh di Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Jalan HR. Rasuna Said Kav 2-3, Jakarta. Selain itu dapat pula menghubungi melalui nomor telepon 021-5248267 atau nomor whatsapp 08119408146. Bisa juga diakses melalui email info@nesoindonesia.or.id atau halaman media sosial facebook.com/nesoindonesia serta akun instagram dan twitter @studidibelanda.

Penulis : Kemala Utari
Editor : Teuku Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *