Kids Taekwondo Medan turut ambil bagian dalam pekan peduli Lombok yang digelar Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut bersama berbagai elemen masyarakat yang digelar di Merdeka Walk/ist

Onlinesumut-MEDAN : Pekan Peduli Lombok yang diadakan di Center Piece Merdeka Walk Medan sejak 3 September lalu, telah usai. Acara yang ditutup hari ini Jumat, 7 September 2018, ditandai dengan peresmian (launching) #SumateraUtaraBersamaLombok. Acara launching tagar yang diprakarsai oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara ini dihadiri oleh ratusan undangan, relawan dan mitra-mitra ACT Sumut.

Pekan Peduli Lombok yang digelar selama sepekan ini, sempat menjadi viral di masyarakat kota Medan, dengan konsep hiburan jalanan musik kaki lima rasa bintang lima. Hal ini pula yang menjadi daya tarik bagi pengguna jalan yang melintas bahkan pengunjung pusat kuliner Merdeka Walk Medan. Hal ini berkat kolaborasi ACT Sumut bersama Asperapi Sumut, P3i Sumut, Kwarcab Medan, Pemko Medan dan Pemprov Sumatera Utara.

Penutupan kegiatan Pekan Peduli Lombok dan Launching #SumateraUtaraBersamaLombok ditutup dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara yang baru saja dilantik, H. Edy Rahmayadi, dan juga dihadiri oleh Kepala BPBD Sumut, Ka.Kwarcab Medan, Ketua Asperapi Sumut, Ketua P3I Sumut, Pengurus Bazaar Orang Medan, Pengurus dan Anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Komunitas Relawan, Himpunan Mahasiswa se Kota Medan, Alumni Finalis & Jaka Dara kota Medan, Remaja Masjid, Anggota Pramuka, Pelajar dari beberapa SMA di Kota Medan, Mitra-mitra ACT Sumut dan masyarakat kota Medan yang peduli dengan bencana di Lombok.

Acara yang dimulai dari pukul 16.00 WIB itu, diisi dengan kata sambutan Gubernur Sumatera Utara, penyerahan piagam oenghargaan kepada para donatur, sharing pengalaman relawan yang baru pulang dari Lombok, serta hiburan dari artis KDI 2015 Sarah Charagih dan Vanissa Kids Voice Indonesia 2018 dari Sumatera Utara, serta penampilan musikalisasi puisi dari pelajar-pelajar SMA Dharmawangsa.

Dalam kata sambutannya, Edy Rahmayadi menyatakan keheranannya. “Mengapa acara yang sehebat ini, dan mengatas namakan Pemprov Sumut, saya tidak diberitahu, gini-gini saya Ketuanya di Sumatera Utara” jelasnya berkelakar hingga mengundang tawa para hadirin di Pekan Peduli Lombok.

Edy mengharapkan, seluruh komponen masyarakat di Sumatera Utara mendukung penuh kegiatan ini, dan mengharapkan pihak-pihak pengambil kebijakan di pemprov mendukung dan memberikan sumbangsih dalam program #sumaterautarabersamalombok.

“Jika ada yang tidak berkenan dan tidak memberikan sumbangsih, laporkan ke saya” tegasnya.

Selepas memberikan kata sambutan, Edy Rahmayadi meresmikan secara simbolis #sumaterautarabersamalombok, dan melauncing peluncuran “Lombok 7 Scala Richter” buku kumpulan Puisi karya sastrawan kenamaan Kota Medan Afrion. Dalam kesempatannya Ronio Romantika juga memaparkan program-program ACT secara Nasional dalam tanggap bencana Gempa Bumi di Lombok, yang mana seluruh kantor-kantor cabang ACT di Indonesia bergerak, dan mengajak seluruh pihak berkolaborasi dalam masa recovery Lombok saat ini. Karena Ronio mewakili ACT menyadari sepenuhnya bahwa untuk memperbaiki Lombok tidak lah mudah dan tidak lah gampang, butuh waktu dan proses. Untuk itulah ACT membutuhkan dukungan masyarakat Sumatera Utara pada khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Selesai acara seremoni penutupan Malam Puncak Pekan Peduli Lombok, hingga malam aksi penggalangan dana dipinggir jalan tetap dilanjutkan. Kali ini
bahkan lebih ramai dan spektakuler. Untuk relawan melibatkan ratusan tamu undangan, dengan berbagai hiburan-hiburan menarik, pertunjukan Martial Art dari adik-adik Kids Taekwondo Medan, serta penampilan dari para Artis lokal kota Medan yang tergabung dalam Ikatan Pelaku Seni Medan (IPSM), dan yang tak ketinggalan penampilan yang memukau Afrion, pembacaan puisi karya-karyanya yang memukau.

Dari keseluruhan kegiatan Pekan Peduli Lombok, ada yang menarik perhatian, yakni ikut berpartisipasinya beberapa Turis Mancanegara, baik dari India, Australia dan Hongkong. Mereka tak sungkan-sungkan ikut menari di tengah jalan Balai Kota Medan. Hal ini menambah keunikan Pekan Peduli Lombok. Mungkin saja ini Pekan Peduli Lombok yang baru saja ditutup bukanlah yang terakhir, tapi menjadi awal gerakan masyarakat Sumatera Utara dalam mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama, karena belum lah kita menjadi
manusia sebelum kita memuliakan manusia lainnya.

Setelah Pekan Peduli Lombok ini, rencananya berbagai agenda telah disusun oleh Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara, dengan melakukan kolaborasi bersama BPBD, Pemprov Sumut, dan pusat-pusat perbelanjaan yang dikelola oleh Lippo Mall Group diantaranya Plaza Medan Fair, Sun Plaza dan Binjai SuperMall. Semoga ini akan menjadi perwujudan dalam percepatan recovery Gempa Bumi Lombok.

Jadi tetap lanjutkan donasi Anda untuk korban terdampak Gempa Bumi Lombok, karena bantuan demi bantuan memang terus disalurkan.Jangan sampai kita berpuas diri dan merasa telah “cukup” membantu mereka. Insyaa Allah, ACT akan terus berikhtiar maksimal demi meringankan duka saudara-saudara kita di sana. Rel/OS-tari/01

Untuk bantuan Lombok
Bisa disalurkan melalui No Rek
#BSM : 7098 258 374
#MANDIRI : 101 000 5634 264
An. Aksi Cepat Tanggap

Konfirmasi donasi :
Wa ACT : 0813 7722 8820

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here