1,051 views

Koalisi Pemilu Bersih Desak Pansel Tak Loloskan Dua Petahana KPU Karo

by
Kantor KPU Kabupaten Karo/net

Onlinesumut-KARO : Proses seleksi calon anggota Komisioner KPU Karo, Sumatera Utara yang sedang berlangsung saat ini, terus mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Harapan agar munculnya anggota komisioner KPU Karo yang berkompetan dan berintegritas disampaikan baik kepada panitia seleksi (Pansel), maupun ke KPU Propinsi Sumatera Utara dan KPU Pusat.

Tak ketinggalan juga masyarakat yang mengatasnamakan Koalisi Pemilu Kredibel (KPK), turut menyampaikan tuntutan ke KPU Propinsi Sumatera Utara agar memantau secara cermat proses seleksi anggota komisioner oleh Pansel.

Hal itu berkaitan, menyusul kabar bahwa dari sejumlah calon anggota komisioner yang mengikuti seleksi, terdapat dua calon petahana (incumbent) yang dipertanyakan integritas moral hingga akhirnya diadukan sejumlah staf sekretariat KPU.

“KPU Propinsi harus serius mengikuti proses seleksi yang sedang berlangsung di KPU Karo. Dikhawatirkan jika tidak hati-hati, proses tahapan Pileg maupun PIlpres 2019 rawan terganggu jika koordinasi antara pihak sekretariat dengan komisioner tidak baik nantinya,” ujar koordinator KPK Adnan Harahap di Medan, Selasa (29/8).

Kerawanan akan ancaman terhambatnya proses tidak terlepas dari adanya aduan dari sejumlah staf sekretariat KPU Karo ke Pansel terhadap dua calon anggota komisioner incumbent yakni, Anwar Megga Tarigan dan Gemar  Tarigan yang dianggap tidak memiliki hubungan kerja yang baik antara pihak sekretariat dengan yang bersangkutan sebagai anggota KPU.

“Bagaimana mungkin sikap arogan ditunjukkan anggota komisioner kepada staf yang sangat membantu proses administratif di KPU,” tambah Adnan menyikapi sikap kasar yang selalu ditunjukkan anggota komisioner kepada stafnya berdasarkan laporan yang terlanjur keluar ke publik tersebut.

Adnan mengatakan, banyaknya staf sektariat yang membutuhkan tanda tangan dan menyampaikan keberatan dengan kedua calon itu menunjukkan keduanya tidak bisa menghargai kerja orang yang sangat berperan dalam mengeksekusi berbagai kebijakan yang diambil KPU.

”Apa KPU Propinsi maupun KPU Pusat berani mengambil resiko jika tetap mempertahankan keduanya ?,” tanya aktivis mahasiswa ini.

Buruknya performa keduanya juga semakin dipertanyakan dengan beredarnya foto-foto keduanya sedang asik bermain judi. “Tindakan keduanya dengan berjudi di dalam kantor menunjukkan buruknya sikap keduanya yang tidak menghargai kantor yang harusnya dijaga marwahnya,” tegasnya lagi.

Foto-foto yang sudah terang benderang itu semestinya harus menjadi acuan serius Pansel maupun KPU struktur di atasnya agar benar-benar mempertimbangkan hal ini. Selain menyampaikan tuntutan kepada KPU Propinsi Sumut, KPK juga akan meneruskan tuntutan ini kepada KPU Pusat agar ekstra hati-hati dalam menetapkan anggota komisioner KPU Karo. ”

Apalagi keduanya dinyatakan lolos dalam seleksi wawancara dan masuk dalam sepuluh besar calon komisioner yang masih bertahan” tandasnya. OS-01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *