3 views

Kurbankan 10 Sapi dan 1 Kambing, Bentuk Kepedulian Prananda di Idul Adha

Onlinesumut-MEDAN : Berdasarkan Sidang Isbat, Pemerintah Republik Indonesia resmi menetapkan, Hari Raya Idul Adha 1439 H jatuh pada Hari Rabu (22/8/2018). Selain melaksanakan salat Id, hari besar keagamaan yang juga biasa disebut Hari Raya Haji itu ditandai dengan penyembelihan hewan kurban.

Lazimnya, daging hewan kurban baik sapi atau kambing yang disembelih, akan dibagikan ke anak yatim piatu atau warga kurang mampu. Tak hanya bertujuan untuk saling berbagi, menyembelih hewan kurban merupakan simbol ketaqwaan dan kecintaan kepada Allah SWT.

Tak heran, bagi kalangan yang memiliki rezeki lebih, selalu berusaha memanfaatkan momen ini untuk berbuat kebaikan. Begitu juga bagi Anggota DPR RI, Fraksi Partai NasDem, Prananda Surya Paloh yang kembali ikut berkurban.

Namun ada yang berbeda pada Idul Adha kali ini. Pada tahun 2018 ini, politisi muda itu menyembelih 10 ekor sapi dan seekor kambing. Jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI ini hanya menyembelih 7 ekor sapi.

Bagi Prananda, berkurban adalah suatu kewajiban. Karena, itu salahsatu cara untuk mensyukuri nikmat dan rezeki yang telah diberikan Allah SWT. “Selain itu juga, dapat berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu serta anak yatim dan piatu,” ujar Prananda, Selasa (21/8/2018).

10 ekor sapi dan seekor kambing yang dikurbankan Prananda, nantinya akan disebar di beberapa daerah. Itu dilakukannya, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah mempercayai dirinya untuk mengemban dan perjuangkan aspirasi mereka.

“Saya harap hewan kurban ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat memberikan kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu. Sehingga mereka juga bisa bersukacita merayakan Idul Adha,” jelas Prananda.

Sementara itu, penyaluran hewan kurban ini akan dilakukan oleh Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation. Ketua Yayasan Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation, Gandi Manurung menambahkan, 11 hewan kurban itu akan disebar ke 10 tempat di tiga kabupaten/kota.

“Akan kita sebar di kabupaten/kota, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, dan Serdangbedagai,” jelas Gandi.

Di Medan lanjut Gandi, penyembelihan akan dilakukan di tiga lokasi yakni, Aceh Sepakat, Medan Barat dan Medan Area. Sedangkan di Deliserdang, akan dilakukan di Hamparanperak, Tanjungmorawa, Delitua, Percut Sei Tuan dan Lubukpakam.

“Di Serdangbedagai di Kampung Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu; kemudian di Kantor DPD NasDem Serdangbedagai, Kecamatan Sei Bamban. Semoga ini membawa berkah bagi kita semua,” pungkas Gandi. OS-tari/01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *