441 views

Relawan Jokowi Sumut Galang Dana Korban Gempa Lombok dan Bali

by
Para relawan yang tergabung dalam Sekber pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019 menggelar doa bersama dan penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi di Lombok dan Bali/foto : yulinda

Onlinesumut-MEDAN : Duka yang dirasakan warga Lombok, Nusa Tenggara Barat akibat gempa bumi yang terus mengguncang sejak pekan lalu hinga hari ini, Kamis (9/8/2018), turut menuai empati dari berbagai kalangan masyarakat.

Apalagi dalam bencana itu, tercatat ratusan nyawa melayang dan sebagian besar infrastruktur dan bangunan hancur akibat peristiwa tersebut.

Untuk meringankan derita para korban bencana, masyarakat dari seluruh pelosok tanah air pun mulai mengirimkan bantuan ke kawasan-kawasan terdampak gempa. Ada yang menyalurkan secara pribadi, dan banyak pula melalui lembaga yang memang selama ini sudah dibentuk untuk menggalang dana untuk kepentingan aksi kemanusiaan.

Hal itu pula yang dilakukan oleh organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Untuk Pemenangan Jokowi di Pemilu Presiden 2019.

Kelompok yang dipimpin oleh mantan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi itu bersama-sama menyisihkan rezeki mereka untuk kemudian dikumpulkan dan kemudian diserahkan kepada para korban gempa.

“Alhamdulilah, hari ini kita telah menjalankan doa bersama dan penggalangan dana, yang merupakan inisiatif dari rekan-rekan yang bergabung di sekber untuk pemenangan jokowi. Ini merupakan pemikiran yang brilian untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa bumi di Lombok NTB dan sekitarnya,” kata Ustadz Zulkarnain, Sekretaris Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat), yang merupakan salah satu organisasi relawan Jokowi, Rabu (8/8/2018) malam.

Didampingi Ketua Junior Chamber International Medan (JCI) Tengku Ryan Novandi, yang juga putra Pertama Mantan Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi, Zulkarnain yang juga merupakan Wakil Bendahara pada Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PW NU) Sumatera Utara itu mengatakan, penggalangan dana akan mereka lakukan melalui jaringan relawan hingga senin pekan depan.

Penggalangan dana dilakukan melalui jaringan relawan, maupun kantor-kantor sekretariat relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam sekretariat bersama.

“Sampai Senin depan. Buat masyarakat yang ingin membantu donasi juga kita persilahkan untuk datang ke kantor-kantor kita. Nantinya seluruh hasil penggalangan dana ini akan kita salurkan melalui lembaga yang kredibel dalam menyalurkan bantuan ke Lombok,” ucapnya.

Zulkarnain menegaskan, meski mereka merupakan kelompok relawan pendukung Presiden Jokowi, namun aksi yang mereka lakukan ini sama sekali tidak memiliki motif politik, melainkan murni gerakan spontan mereka untuk membantu sesama anak bangsa yang sedang dirundung musibah.

“Tak ada motif atau tendensi negatif. Tidak ada target khusus, kita harapkan sebanyak-banyaknya. Sehingga bantuan yang kita sampaikan nantinya, dapat benar-benar bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang ada di Lombok,” pungkasnya. OS-07/01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *