9 views

Anggota DPR RI Bersama Pegiat Medsos Medan Kolaborasi Perangi Hoax

Onlinesumut-MEDAN : Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Prananda Surya Paloh menyambut positif dan siap mendukung penuh berbagai gerakan untuk memerangi penyebaran informasi bohong alias hoax. Komitmen ini disampaikannya dihadapan puluhan pegiat media sosial (medsos) di Kota Medan.

“Info hoax tentu tidak bisa dipungkiri dan sulit dihindari akibat banyaknya pengguna medsos di Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia,” ucap Prananda dalam kegiatan bertajuk Anak Medan Suka Ulok, Tapi Gak Suka Hoax yang digelar di Warung Ijo, Medan, Kamis (2/8/2018) sore.

Putra Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh itu juga menjelaskan, info hoax menjadi salah satu imbas dari pendidikan yang tidak tuntas dalam penggunaan internet. Sejak masuknya era teknologi komputer hingga layanan internet, anak-anak muda bahkan para pelajar menurutnya hanya diajari cara pengoperasian perangkatnya saja.

Akan tetapi, pemberian pemahaman terhadap dampak dari penggunaan komputer dengan sambungan internet menurutnya sangat minim.

“Saya kira ini akan bisa dituntaskan dengan memasukkan pemahaman dampak penggunaan teknologi komputer dan internet dalam kurikulum sekolah. Sehingga pelajaran tentang manfaat dan dampaknya dapat tersampaikan secara serentak,” ujarnya.

Politisi muda ini menambahkan, penyebaran informasi bohong atau hoax saat ini sudah pada tingkatan mengkhawatirkan. Ancaman perpecahan bangsa bahkan ikut dipertaruhkan dengan memanfaatkan info hoax. Begitu juga dalam menyerang lawan politik. Hal ini menurutnya harus dituntaskan agar masyarakat secara bersama-sama tidak mudah termakan info hoax.

“Saya sendiri sangat mendorong hal itu,” demikian ucap Prananda. OS-tari/01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *