74 views

Tenggelam di Danau Toba, ABK KM Ramos Marisi Akhirnya Ditemukan Tewas

Onlinesumut-SAMOSIR : Setelah melakukan pencarian secara intensif dalam tempo 1×24 jam, Sabtu (23/6/2018) sore sekitar pukul 15.16 wib, pencarian Anak Buah Kapal Kapal Motor Ramos Hotmatua Risma Marisi (ABK KM RHRM) bernama Rahmat Dani yang hilang di Perairan Danau Toba pada Jumat malam 22 Juni 2018, akhirnya membuahkan hasil.

Dengan melibatkan anggota Koramil 02/Nainggolan, anggota Polsek Nainggolan, Basarnas beserta relawan, korban akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia tak jauh dari lokasi tenggelamnya korban di kawasan Nainggolan, Samosir.

Selanjutnya, jasad korban langsung dievakusi ke Puskesmas Sirait guna diautopsi.

Sebelumnya, setelah Kapal Motor Sinar Bangun, Danau Toba kembali memakan korban. Sebuah kapal kayu mengalami kecelakaan, Jumat (22/6/2018) malam.

Kepala Kantor SAR Medan Budiawan membenarkan kecelakaan itu. Budiawan mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

“Iyah benar, satu orang sedang dalam pencarian. Anggota kita sudah turun ke danau untuk melakukan penyisiran terhadap korban,” kata Budiawan kepada wartawan.

Korban yang masih hilang diketahui bernama Rahmat Dani. Sedangkan korban selamat antara lain, Joifan situmorang, Sahat simorangkir, Jolom sipayung dan Ama Monang lumban raja.

Informasi yang dihimpun, kapal motor yang diketahui bernama KM Ramos Hotmatua Risma Marisi mengantarkan penumpang dari Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara ke pelabuhan di kawasan Nainggolan.

Setelah menurunkan penumpang, mereka mau kembali ke Pulau Sibandang. Kapal tidak berlampu itu kemudian menabrak sebuah bambu yang ada di danau.

“Mesin mereka kemudian mati. Cuaca juga sedang buruk,” kata Koordinator Basarnas Danau Toba Torang M Hutahaean

Kemudian Ama Monang meminta Jaifan Situmorang dan Rahmat Dani untuk melihat baling-baling kapal. Kapal juga sudah dalam kondisi terdampar ke pinggir danau.

Tiba-tiba arus kencang membawa mereka dan kapal ke tengah danau. Joifan dan Rahmat mencoba menyelamatkan diri. Namun sayangnya Rahmat tidak bisa selamat dan terbawa arus.

“Untuk korban selamat sudah dibawa ke Puskesmas Nainggolan. Bangkai kapal sudah ditarik ke kawasan Nainggolan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hujan mengguyur kawasan Danau Toba sejak sore hingga malam. Hujan juga disertai angin kencang. OS-tari/01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *