10 views

Disinyalir Lalai, Polisi Resmi Tahan Nakhoda dan 2 ABK KM Sinar Bangun

Onlinesumut-SIMALUNGUN : Penyidik Satreskrim Polres Simalungun, akhirnya resmi menahan Nakhoda kapal kayu KM Sinar Bangun bersama 2 Anak Buah Kapal (ABK).

Langkah ini dilakukan selain guna kepentingan penyelidikan, juga untuk mendalami penyebab karamnya kapal nahas tersebut.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan mengungkapkan, ketiga orang yang kini diamankan yakni Poltak Guri Tua selaku Nakhoda dan 2 ABK yaitu Rider Malau dan Jefania Aritonang.

“informasi bahwa ABK itu ada 4, tiga ABK tetap dan satu serabutan, itu sudah diamankan. Sedangkan keterangan tentang jumlah penumpang ratusan, itu bukan dari mereka lagi, tapi banyak yang melihat dan yang selamat” ujar Marudut, Kamis (21/6/2018).

Hanya saja sejauh ini Marudut masih enggan berbicara lebih lugas terkait status ketiganya. “Statusnya akan kita tingkatkan sesuai dengan pasal yang kita terapkan” ucapnya.

Untuk diketahui, dari hasil pemeriksaan diketahui jumlah penumpang kapal nahas itu diperkirakan mencapai 200 orang lebih, ditambah muatan 60 unit sepeda motor.

Padahal dari hasil konferensi pers Kementerian Perhubungan di Jakarta, batas muatan kapal hanya sebanyak 43 penumpang saja. Selain over kapasitas, cuaca buruk juga menjadi faktor lain penyebab tragedi itu.

Sementara, memasuki hari keempat pencarian, tim gabungan SAR yang melibatkan Basarnas, TNI dan Polri terus melakukan penyisiran di permukaan Danau Toba dan penyelaman di sekitar titik karamnya kapal.

Diperkirakan sekitar 184 penumpang masih hilang. Sejauh ini sudah 24 orang penumpang yang berhasil dievakuasi. 21 penumpang selamat 3 orang meninggal dunia. OS-tari/01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *