3,204 views

7 Bandar dan Pengedar Narkoba Digulung Polres Pematangsiantar

by
Ketujuh bandar dan pengedar narkoba termasuk satu diantaranya seorang perempuam yang digulung tim Satres Narkoba Polresta Pematangsiantar/fery

Onlinesumut-SIANTAR : Jajaran Satresnarkoba Polres Pematangsiantar, terus mengintensifkan operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), khususnya dalam memberangus segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba, terlebih di bulan suci Ramadan ini.

Hasilnya, dalam sehari Kamis (31/5/2018), 7 orang bandar dan pengedar narkoba yang kerap bergentayangan, digulung petugas Satresnarkoba Polresta Pematangsiantar di 4 lokasi berbeda.

Data dari pihak kepolisian menyebutkan, penangkapan para tersangka bermula pada saat masuknya laporan masyarakat bahwa di Jalan Mojopahit tepatnya di depan Warnet Seven ada 2 pria dicurigai sebagai pengedar narkoba sedang menunggu konsumennya.

Menanggapi laporan tersebut personel langsung diturunkan ke lokasi yang dimaksud guna melakukan penangkapan. Begitu sasaran dipastikan, target pun disergap.

Dalam penangkapan pertama diketahui, masing-masing tersangka bernama Kristo Fransiskus Butarbutar (24) penduduk Jalan Sriwijaya Bawah, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, dan Novembly Panggabean (31) Penduduk Jalan Diponegoro Gang Asia No. 3, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan. Dari tangan tersangka ditemukan barangbukti satu paket narkotika jenis sabhu seberat 0,20 gram bruto dan uang tunai sebesar Rp40.000.

Saat diinterograsi, tersangka mengaku membeli barang haram tersebut dari salah satu wanita di Jalan Patuan Anggi, Gang Kinantan, yang diketahui bernama Ayu Faradita (28) berdomisili di Jalan Ahmad Yani No. 39 Showroom Arnol, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar.

Sekitar pukul 13.00 Wib, personil berhasil mengamankan Ayu Faradita di lokasi yang dimaksud. Dari hasil penggeledahan personel mengamankan uang sebesar Rp60.000, hasil penjualan sabu dan Hp Merk Nokia. Ketika di interogasi Ayu mengakui bahwa barang haram itu ia peroleh dari seorang laki-laki bernama Sonang Mawardi Parlinggoman di Jalan Ahmad Yani tepatnya di Showroom Arnol.

Sekitar pukul 15.00 wib, personel melakukan pencarian terhadap Sonang Mawardi. Namun personel melihat 2 pemuda hendak memasuki Showroom Arnol dan langsung melakukan penyergapan karna dicurigai kedua pemuda tersebut adalah komplotan atau jaringan peredaran narkoba di Kota Pematangsiantar.

Saat penyergapan personel mendapati barangbukti dilokasi tersebut berupa 1 paket narkotika jenis sabhu seberat 0,52 gram bruto, 1 bungkus plastik klip, 1 buah isolasi, dan 4 buah pipet. Ketika diintrogasi, diketahui bahwa keduanya bernama Muhammad Andriano (30) penduduk Jalan Raya No. 17 A, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar, dan Alamsyah Putra Siregar (31) penduduk Jalan Mojopahit, Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar.

Informasi dari kedua pemuda tersebut yang kini ditetapkan menjadi tersangka mengatakan bahwa barang tersebut mereka dapat dari Sonang Mawardi Parlinggoman. Selanjutnya personil melakukan pencarian terhadap sonang hingga pada pukul 18.10 Wib personil berhasil menciduk Sonang di Jalan Patuan Anggi, gang Kinantan, Pematangsiantar, saat sedang duduk santai diatas kuda besi miliknya Honda Supra X BK 2117 LF menunggu pasien datang.

Dari tangan tersangka personil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 17 paket sabhu seberat 3,51 gram bruto, 1 buah tas bewarna biru berisi 1 Unit Hp merk Strawberry, 1 Unit Hp merk Mito dan Uang sebesar Rp. 190.000,-, selanjutnya tersangka dibawa ke rumah kontrakannya di Jalan Ahmad Yani No. 39 Showroom Arnol, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar dan dari dalam lemari ruangan dapur ditemukan 1 buah tas warna merah merk Terror berisi narkotika diduga jenis Ganja seberat 100 gram, kemudian Sonang Mawardi Parlinggoman dibawa ke kos-kosannya di Jalan Medan Simpang Pertamin Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba, Pematangsiantar, dan dari dalam kamar di bawah lemari ditemukan 1 Unit timbangan digital dan 1 bungkus plastik klip kemudian didapatkan informasi bahwa tersangka Sonang Mawardi Parlinggoman memperoleh narkotika jenis shabu dari Andrian Sihombing.

Sekitar pukul 23.00 wib di Jalan Rondahaim Gg. Perumahan Dos Roha (cafe hunter) Kelurahan, Tanjung pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Pematangsiantar dilakukan penangkapan terhadap Andrian Sihombing (39) Penduduk Jalan Rakkuta Sembiring, Gang Selamat No. 14 Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar, yang sedang berada di cafe hunter dan ditemukan 1 buah kunci mobil terletak diatas meja, 1 buah bong yang terbuat dari botol warna hijau lengkap dengan pipetnya dan dari kantong celana Andrian Sihombing ditemukan uang sebanyak Rp. 2.057.000,- serta dari pot bunga ditemukan 1 Unit Hp Merk Samsung, selanjutnya Andrian Sihombing dibawa ke mobil yang dirental olehnya dan dilakukan penggeledahan didalam mobil tersebut dan ditemukan 1 paket narkotika diduga jenis shabu seberat 0,57 gram bruto dilantai mobil dibelakang kursi supir dan dari dashboard mobil ditemukan 1 lembar STNK Asli Avanza warna hitam BK 1251 WP selanjutnya seluruh tersangka dibawa ke Komando Polresta Pematangsiantar untuk dilakukan pengembangan kasusnya.

Kasatres Narkoba Polresta Pematang siantar AKP Erwin Tito saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. “Penangkapan berawal dari salah satu pengecer. Saat diinterogasi pengecer tersebut ‘bernyanyi’ sehingga bandar utamanya dapat diringkus pada hari bersamaan,” ungkap mantan Kasat Resnarkoba Polres Deli Serdang itu melalui telfon seluler.

Lanjutnya, para tersangka dijerat pasal 114 subs 112 UU No. 35 tahun 2009 diancam kurungan 5 tahun penjara”. Tutup Tito. OS-fer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *