Aktivitas PLN UP3 Medan dalam melakukan pemeliharaan JTM/foto : dok

Onlinesumut-MEDAN : Keandalan dan kontinuitas pasokan energi listrik kepada masyarakat merupakan komitmen utama PT PLN (Persero) yang harus senantiasa dijaga.

Sebagai realisasi, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan saat ini secara rutin terus melakukan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah (JTM).

Pemeliharaan keandalan sistem jaringan tersebut rutin dilakukan PLN UP3 Medan di wilayah kerjanya, terhitung mulai memasuki musim penghujan dan hingga akhir tahun 2020.

Berkaitan dengan itu, Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Medan, Henko Zuhriyadi menjelaskan, pihaknya telah membuat jadwal pemeliharaan rutin selama 3 bulan kedepan yang dapat dilihat melalui media sosial PLN UP3 Medan diantaranya Instagram @plnup3medan, Facebook @plnareamedan & Youtube PLN UP3 Medan.

Dikatakan Henko, pemeliharaan ini dilakukan sebegai bentuk upaya PLN dalam menjaga keandalan sistem jaringan listrik terutama wilayah Kota Medan.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Medan, Henko Zuhriyadi/foto : dok

“Ini merupakan pemeliharaan rutin yang dilakukan. Berkaitan dengan ini, kami juga sudah membuat jadwal sebagai pemberitahuan kepada pelanggan jika nantinya ada pemadaman bergilir selama masa pemeliharaan,“ katanya kepada wartawan, Kamis, 1 Oktober 2020 kemarin.

Meski begitu, menurut dia, jika dalam pemeliharaan nantinya tidak membutuhkan pemadaman, maka listrik akan berjalan dengan normal seperti biasanya.

“Karena PLN UP3 Medan memiliki Tim Khusus yang dapat melakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Jadi kalau memungkinkan dilakukan pemeliharaan tanpa pemadaman maka tidak akan dilakukan pemadaman,“ sebutnya.

Di samping itu Henko mengatakan, adapun salah satu bentuk kegiatan pemeliharaan yang dilakukan nantinya meliputi pergantian peralatan-peralatan sistem kelistrikan yang memang sudah rusak atau sudah mulai menampakan potensi tidak handal, memotong atau memangkas cabang-cabang pohon disekitar jaringan listrik yang hampir dan berpotensi akan mengganggu penyaluran energi listrik agar nantinya tidak menghambat aliran listrik yang disalurkan.

“Jadi kalau ada cabang-cabang pohon disekitar jaringan, itu dipangkas. Karena jangan sampai nantinya tertiup angin, sehingga menganggu aliran listrik dan menyebabkan kerusakan,“ tandasnya.

Dia juga menambahkan, untuk mendapatkan kemudahan akses informasi dan layanan terkait kelistrikan, konsumen dapat juga menghubungi Contact Center PLN di telepon (0721) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.

Senada dengan hal itu, Supervisor Teknik PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Medan Selatan, Widiyo Pahala Pardede juga menyampaikan bahwa hari ini Jum’at, 2 Oktober 2020, Jaringan atau penyulang TK.01 dan TK.07 (kode jaringan) dilakukan pemadaman mulai pukul 08.00 s/d 10.00 WIB untuk melaksanakan kegiatan pemeliharaan berupa perbaikan hotspot clamp bushing primer Trafo Daya 4 Gardu Induk Titi Kuning.

Sedangkan daerah yang terkena pemadaman yaitu, Jl. STM sebagian, Jl. Suka Sehat, Kantor Lurah Suka Maju, Jl. Teladan, Jl. Gelombang, Jl. Gembira, Jl. Hiburan, Jl. Armada, Jl. Tapian Nauli, Jl. HM Joni Sebagian, Jl. Pertama, Jl. Pelopor, Senam, Jl. Catur, Jl. Pencak, Jl. Sayum, Jl. Rumah Sumbul, Jl. Juanda sebagian, Jl Amaliun, Jl. Laksana, Jl Japaris, Jl Sutrisno, Jl Bakaran Batu, Jl Utama, Jl. Thamrin, Jl Merbau, Jl Asia, Jl Wahidin, Jl. Yosrizal.

“PLN ULP Medan Selatan memohon maaf atas ketidaknyamanan Pelanggan yang terkena padam”, tutup Widiyo. (Fai)

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here