PT PLN (Persero) UPK Labuhan Angin memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa ratusan bibit pohon produktif kepada Kelompok Tani Indah Subur di Tapteng/foto : ist

Onlinesumut-TAPTENG : Peduli dengan masyarakat sekitar, PT PLN (Persero) UPK Labuhan Angin yang bergerak pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa ratusan bibit pohon produktif kepada Kelompok Tani Indah Subur.

Manager PT PLN (Persero) UPK Labuhan Angin Andi Setiawan mengatakan, pemberian CSR kepada Kelompok Tani Indah Subur yang dilakukan itu merupakan kegiatan rutin pihaknya setiap tahunnya memberikan CSR kepada masyarakat sekitar PLTU Labuhan Angin.

“Ada sebanyak 477 bibit pohon produktif yang kita berikan. Diantaranya, bibit Durian, Lengkeng, Mangga, Jambu dan Petai,” ujar Andi kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Andi juga menjelaskan, dalam pemberian CSR itu, pihaknya telah melihat ada 3 aspek yang terpenuhi, yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Dari aspek ekonomi, jelas memberikan manfaat secara umum kepada masyarakat disana, meningkatkan ekonomi. Kemudian dari aspek sosial, kita ingin masyarakat melihat kami PLTU yang ada disini peduli dengan mereka yang ada disini, dari sisi lingkungan, kalau di daerah situkan pertama tanahnya terjal, jadi harapannya ya sebagai pencegahan terjadinya longsor,” tuturnya.

Dia berharap, apa yang telah diberikan kepada Kelompok Tani Indah Subur itu nantinya dapat meningkatkan sektor ekonomi warga.

“Kalau sekarangkan belum muncul dampak langsungnya, untuk ekonominya. Mungkin jaraknya 3 atau 4 tahun lagi baru menghasilkan, jadi harapan kita apa yang ditanam itu bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan,” sebutnya.

Andi juga menuturkan, kedepan pihaknya juga akan berusaha untuk tetap melakukan pengawasan kepada kelompok tani tersebut, sehingga nanti apa yang diberikan itu dapat memberikan dampak peningkatan untuk ekonomi kelompok tani tersebut.

“Secara periodik juga nanti kita akan berusaha mengontrolnya, harapan kita apa yang telah kita berikan itu tida terputus sekali seremonial, habis itu dibengkalaikan,” ucapnya.

Sementara Kabid P2KLH Dinas Lingkungan Hidup Tapteng Togu Hutajulu menyampaikan apresiasi atas pemberian CSR yang diberikan oleh PT PLN (Persero) UPK Labuhan Angin kepada Kelompok Tani Indah Subur.

“Kita sangat apresiasi, dan kami harap pemberian CSR berikutnya. Harapan kami kepada Kepala Desa juga bisa membantu pengawasan penanaman pohon ini, karena penanaman pohon ini tentu tidak akan bisa langsung dirasakan hasilnya, mungkin nanti 4 atau 5 tahun kedepan,”harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Kelompok Tani Indah Subur Maprul Hutagalung.

“Saya sangat berterimakasih dan bersyukur atas adanya PLTU di desa ini bisa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Maprul juga berkomitmen, bahwa apa yang telah diberikan untuk Kelompok Tani nya itu tidak akan disia-siakan begitu saja.

“Mudah-mudahan kita tidak akan menyia-nyiakan apa yang telah diberikan kepada kita. Semoga PLTU tetap produktif, sehingga apapun program mereka kedepan untuk masyarakat slalu dapat terlaksana,” tuturnya.

Turut hadir dalam pemberian bibit pohon produktif sekaligus penanaman itu, Camat Tapian Nauli Rinaldi Siregar, Kapolsek Kolang Iptu Muhammad Tahir Lubis, Kades Tapian Nauli I Erwin Sibagar serta pihak Lingkungan dari PT PLN (Persero) UPK Labuhan Angin.

Editor : TY Adi Nugraha

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here