Tersangka Surya Darma Panjaitan alias Surya (tengah), diapit sejumlah personel Tekab Satreskrim Polres Tanjungbalai usai ditangkap di Medan/foto : ist

Onlinesumut-TANJUNGBALAI : Virus Corona yang membuat bisa menghirup udara kebebasan, rupanya tak membuat Surya Darma Panjaitan alias Surya, mantan narapidana (napi) asimilasi Lapas Klas II B Tanjungbalai ini untuk bertobat dan benar-benar kembali ke jalan yang benar.

Sebaliknya, pria 44 tahun penduduk Jl. Satria Barat, Kel. Pahlawan, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara ini malah kembali bertingkah.

Kali ini ia terlibat kasus penggelapan sepeda motor. Diduga untuk memuluskan aksinya, pelaku sengaja mengaku sebagai aparat dan sengaja beraksi dengan mengenakan baju kaos kepolisian.

Sepeda motor jenis Honda Beat warna merah bernopol BK 2583 QAI milik Nurliza, warga Jl. Kartini, Gang Nilam, Lingkungan III, Kel. Pahang, Kec Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai pun berhasil digasaknya.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira melalui Kasubag Humasnya Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan menuturkan, kasus ini terungkap berdasarkan lapora polisi LP/22/IV/2020/SU/Res T.Balai/Sek Bandar, tanggal 20 April 2020 dengan korban Nurliza.

“Dalam peristiwa yang terjadi di Jl. Kartini, Lingkungan III, Kel. Pahang, Kec.Datuk Bandar, Tanjungbalai pada Senin, 20 April 2020 sekitar pukul.14.30 WIB, saat itu pelapor menyuruh saksi Muhammad Maulana Akbar membawa sepeda motor ke bengkel untuk ditambah angin ban depan dikarenakan kurang angin yang berjarak sekitar 150 meter dari rumah pelapor,” terang Dahlan, Sabtu (23/5/2020).

Namun sekitar 1 jam kemudian, saksi justru kembali ke rumah dengan jalan kaki. Lalu ia menceritakan kepada pelapor bahwa pada saat kembali ke rumah melintasi Gang Nilam, tiba-tiba ia disetop seorang laki-laki yang tidak dikenal.

“Orang yang tak dikenal itu lalu meminjam sepeda motor tersebut dengan alasan akan menjemput temannya. Saksi pun tak bisa menolak. Setelah menyerahkan motor, saksi sempat menunggu beberapa saat, namun pelaku tak kunjung kembali,” urainya.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp14.000.000 dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Datuk Bandar Res Tanjungbalai.

Kamis, 21 Mei 2020 sekitar pukul 10.50 WIB, personil Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Satreskrim Polres Tanjungbalai melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa pelaku penggelapan sepeda motor yang dilaporkan korban adalah Surya Darma Panjaitan alias Surya.

Menyikapi informasi itu, Tekab Satreskrim langsung melacak keberadaan tersangka, hingga akhirnya terdeteksi pelaku berada di Hotel Hawai, Jl. Jamin Ginting, Kel. Mangga, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan.

“Personel Tekab Satreskrim langsung bergerak menuju Kota Medan dan pada Jumat dinihari, 22 Mei 2020 kemarin sekitar pukul 03.30 WIB, personel berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka. Sayangnya, sepeda motor itu sudah dijual pelaku,” tegas Dahlan.

Dalam penangkapan itu, turut diamankan beberapa potong pakaian yang dibelinya dari uang hasil kejahatan, topi dan kaos polisi yang digunakannya saat beraksi.

“Usai ditangkap, petugas langsung memboyongnya ke Mapolres Tanjungbalai. Yang bersangkutan langsung ditahan. Kini kita juga masih memburu penadah sepeda motor yang sudah diketahui identitasnya,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here