83 WNI dari Malaysia yang baru tiba di Bandara Kualanamu saat mengantre menunggu giliran pemeriksaan kesehatan/foto : malkan

Onlinesumut-KUALANAMU : Sebanyak 83 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang selama ini bekerja di Kualalumpur, Malaysia, Kamis (21/5/2020) sekitar pukul 13.25 WIB, tiba Kualanamu International Airport Internasional Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) atau Bandara Kualanamu di Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Data yang dihimpun, seluruh WNI itu diangkut dengan menggunakan pesawat Maskapau Air Asia AK-397 dari Kualalumpur, Malaysia.

Pantauan di terminal kedatangan luar negeri, begitu tiba, mereka langsung menjalani proses pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan SOP Covid-19, seperti pengecekan kesehatan khususnya terhadap suhu tubuh dengan menggunakanbThermo Scanner.

Seluruh WNI dari Malaysia, menjalani Rapid Test di Bandara Kualanamu/foto : malkan

Selain itu, seluruhnya juga diwajibkan melewati bilik penyemprotan desinfektan serta melakukan pengisian Yellow Card (Kartu Kesehatan Kewaspadaan) oleh petugas kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu yang dikoordinir dr. Sofian Hendri dan dr. Nyoman selaku Koordinator KKP Kualanamu.

Disamping itu, 83 orang WNI tersebut juga menjalani Rapid Test yang dipandu petugas kantor KKP Bandara Kualanamu, sebelum akhirnya diimbau agar melakukan Isolasi Mandiri selama 14 Hari di kediaman masing-masing.

Kemudian mereka juga diwajibkan melakukan antrian pengecapan paspor di loket Counter Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang dilakukan oleh Petugas Unit Imigrasi bandara Kualanamu.

Tahapan berikutnya melakukan pengambilan bagasi bawaan serta pemeriksaan bagasi para penumpang melalui mesin X-Ray oleh petugas Bea dan Cukai.

Setelah seluruh tahapan pemeriksaan sesuai SOP selesai dilakukan, selanjutnya mereka bergerak menuju ke area pintu keluar terminal kedatangan internasional bertujuan untuk kembali menuju kediaman masing-masing.

Penulis : Malkan Nst
Editor : Yudis

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here