Suasana kerumunan pembeli disalahsatu gerai yang menyediakan pakaian lebaran di Thamrin Plaza Medan/foto : dis

Onlinesumut-MEDAN : Pakaian baru untuk lebaran, memang menjadi salahsatu ciri khas setiap kali hari raya Idul Fitri menjelang. Tak heran, pasar atau pusat perbelanjaan menjadi sasaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan itu.

Rupanya, ditengah pandemi virus corona yang kini melanda, tetap saja tak merubah kebiasaan masyarakat yang tak bisa menahan hasrat untuk berbelanja.

Gambaran itu terlihat jelas di pusat perbelanjaan Thamrin Plaza dikawasan Jl. Thamrin, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara. Setelah beberapa bulan tak beroperasi secara total, salahsatu plaza tertua di Medan itu kembali beraktivitas secara normal.

Suasana keramaian di Thamrin Plaza Medan/foto : dis

Momen ini rupanya tak disia-siakan warga Medan dan pelanggan setianya yang juga berasal dari wilayah tetangga khususnya Kab. Deliserdang, untuk menyerbu pusat perbelanjaan kalangan menengah ke bawah itu.

Masa operasional yang sempit mulai pukul 11.00 hingga pukul 20.00 WIB, sepertinya benar-benar dimanfaatkan pelanggannya melepaskan keinginan berbelanja untuk kebutuhan lebaran.

Sayangnya, kurangnya kontrol pengelola gedung, membuat protokol kesehatan di Thamrin Plaza tak berjalan efektif. Terutama dalam urusan social dan physical distancing.

Pantauan di pusat perbelanjaan berlantai 7 itu, warga terlihat saling berdesak-desakan untuk mendapatkan pakaian baru yang mereka sukai. Apalagi berbagai merek pakaian yang dijual, menawarkan diskon (potongan harga) besar.

“Mumpung dibuka kan dan banyak diskon,” celetuk Asih, seorang warga Jl. Panglima Denai yang turut didalam kerumunan konsumen yang rebutan mencari mereka pakaian yang memberi diskon besar itu.

Saat disinggung masalah bahaya Covid-19 karena tak menjaga jarak, ia justru berandai-andai. “Ya mudah-mudah gak kena,” ucapnya sambil terus mencari pakaian yang akan dibelinya.

Ironisnya, meski kerumunan calon pembeli tampak mengabaikan jarak, namun pihak keamanan gedung seolah ‘tutup mata’.

“Kami sudah menjalankan protokol kesehatan. Setiap yang masuk gedung kita ukur suhu tubuhnya dengan thermo gun dan wajib pakai hand sanitizer,” ucap salah seorang satpam Thamrin Plaza. Namun ia enggan menjawab saat ditanya soal ketidak pedulian mereka akan social dan physical distancing.

Penulis/Editor : Teuku

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here