Potongan video siaran langsung (live) yang diposting akun facebook Erni Aqilah Abyan, wanita yang mengaku PDP dan semasa menjalani perawatan di RSUD Padangsidimpuan sebelum akhirnya ia dikabarkan meninggal dunia saat dirujuk ke Medan/foto : ded

Onlinesumut-MEDAN : EA, seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 adal Padangsidimpuan yang kemarin sempat viral di media sosial, dikabarkan meninggal dunia saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan pada Jumat malam, 3 April 2020.

Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Ade Rahmaini ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, bahwa setibanya pasien berjenis kelamin perempuan tersebut sudah meninggal dunia saat tiba di RSUPH Adam Malik.

“Pasien ini Death on Arrival (DOA) yang begitu sampai sudah meninggal,” sebutnya, Sabtu (4/4/2020.

Untuk diketahui, DOA merupakan istilah untuk pasien yang meninggal secara klinis sebelum tiba di rumah sakit.

Sementara, disingung soal jenazah pasien dibawa kembali ke Padangsidimpuan atau akan dikebumikan di area pemakaman khusus pasien Covid-19 yang telah disediakan Pemerintah Kota Medan, Ade mengaku pihaknya masih menunggu keputusan.

“Ini lagi menunggu Walikota memutuskan,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution mengatakan bahwa, pasien berinisial EA itu dirujuk ke RSUP Adam Malik atas permintaannya sendiri.

Selaku.Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padangsidimpuan, Irsan menjelaskan bahwa pasien tersebut telah menjalani isolasi di RSUD Kota Padangsidimpuan sejak Kamis, 2 April 2020.

Sejak itu, Tim Medis Covid-19 kota setempat mendiagnosa bahwa kondisi kesehatan PDP itu semakin buruk, sehingga akhirnya diputuskan dirujuk ke Medan.

Sebelumnya, Seorang wanita yang mengaku berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona, mendadak mengegerkan warganet di jagat maya.

Semua terjadi ketika wanita yang diduga pemilik akun Erni Aqilah Abyan yang mengaku tengah menjalani perawatan diruang isolasi RSUD Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, melakukan siaran langsung (live) ri facebook sekaligus membuat status berisi kritikan yang cukup menghenyakkan, Jum’at (3/4/2020).

Dalam video yang dibuatnya, wanita yang mengaku dalam kondisi mengandung itu terlihat mengeluhkan pelayanan dan fasilitas di RSU Padangsidimpuan.

Misalnya mengenai minum yang dimintanya baru 2 jam kemudian baru datang, serta nasi makanan yang diberikan kepadanya dianggapnya tidak layak konsumsi. Dengan kondisi demikian, wanita yang terlihat menggunakan peralatan medis di hidungnya dan diinfus itu, berhara agar segera dirujuk ke rumah sakit di Kota Medan.

Sebagai pengantar video, ia juga menulis status : “Dada saya udh sesak, manggil2 perawat saja mw mintA minum 2jam Bru dtg, disuruh makan, tapi nasi nya saja msh layak di blg beras mentah, apa itu yg pantas di makan oleh seorang pasien????

Sedangkan dalam siaran langsung itu, keluhan serupa juga diutarakannya, diantaranya : “Gimana mau kuat nasinya aja keras, orang sehat aja ngak mau makan ini. Ini ruangan rumah sakit sesak Ya Allah. Minta minum saja dua jam baru datang..Allah Tuhanku,” keluhnya sambil menangis.

Hanya dalam sekejap sejak diposting sekitar 2 jam lalu, video itu sudah ditonton puluhan ribu warganet dan dibagikan sebanyak 29 ribu kali. Berbagai komentar warganet juga seliweran, baik dukungan maupun cibiran akibat sikapnya yang terlalu mendiskreditkan tim medis.

Sosok wanita yang dikenal sebagai penjual pakaian secara online ini di ‘Kota Salak’ itu semakin menarik perhatian, karena ia juga mengunggah status lainnya untuk Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, berisi :

“Untuk bapak walikota Padang Sidempuan tercinta, BPK Irsan tolong lah pak kasi kan kesempatan saya di rujuk ke Medan di rumah sakit yg lebih layak lagi, dr pada rumah sakit umum kota padang Sidempuan ini, kasian kandungan saya, fasilitas dsini juga krg memadai, klo saya tahankan lama2 dsini yg ada saya cepat2 mati konyol 😭😭, saya hanya ingin yg terbaik utk kesehatan dan kandungan saya,,,, sesak saya semakin parah dsini pak…… Tolong perbantukan rujukan saya… Terimakasih”

Postingan ini pun dalam sekejap juga mendapat tanggapan ratusan netizen.

Penulis : Dedy M Daulay
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here