Pj Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution meninjau Pos Relawan Desa Covid-19 di Perbatasan/foto : dem

Onlinesumut-PAKPAK BHARAT : Sebagai tindak lanjut rapat bersama para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat yang menyepakati pembentukan relawan desa Covid-19 serta pendirian pos pencegahan penyebaran Covid-19, pada Rabu, 1 April 2020 lalu, Pj Bupati Pakpak Bharat Dr H Asren Nasution, MA bersama Dandim dan Kapolres Pakpak Bharat serta sejumlah pimpinan OPD, mengunjungi sejumlah desa yang berada di perbatasan Wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis (2/4/2020) kemarin.

Kunjungan ini juga sekaligus juga untuk memastikan bahwa Instruksi Presiden, Menteri, Gubernur dan Forkompimda sudah direalisasikan hingga ke tingkat desa.

Pada rapat bersama dengan para camat dan kepala desa se- Kabupaten Pakpak Bharat tersebut, Asren secara tegas meminta para Kepala Desa dan Camat, segera membentuk Relawan Desa Covid -19 pintu gerbang desa.

Pos tersebut untuk mengecek mobilisasi warga ke wilayah Kabupaten Pakpak Bharat dalam memutus penyebaran Covid-19, sehingga warga Kabupaten Pakpak Bharat tidak ada terkena Virus Corona.

Saat mengunjungi salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Humbahas, yaitu Desa Ulumerah, Kecamatan STTU Julu, Pj Bupati Asren Nasution, sempat melakukan pemeriksan kelengkapan pos sembari melakukan dialog singkat dengan petugas pos penjagaan gerbang desa yang terdiri dari kepala desa, BPD, Kepala Dusun, tokoh masyarakat dan unsur desa lainnya.

Pj Bupati mengatakan bahwa untuk memutus penyebaran Covid-19 agar dilakukan mulai dari tingkat desa sehingga Relawan Desa Covid-19 adalah menjadi garda terdepan dalam pengawalan kesehatan masyarakat desa dan antisipasi penyebaran pandemi virus corona tersebut.

“Kami disini bersama forkompimda ingin membuktikan bahwa instruksi Presiden, Menteri, Gubernur dan Forkompimda sudah sampai ke tingkat desa,” ucapnya.

Untuk itu Asren mengucapkan terimakasih kepada para Camat, kepala desa serta seluruh unsur yang terlibat dalam relawan desa Covid-19 yang peduli terhadap lingkungan sehingga Covid-19 bisa dicegah,” ujar Asren.

Usai dari Desa Ulu Merah, rombongan Forkopimda lalu bertolak ke Desa Kuta Jungak, Kec. Siempat Rube untuk memantau kondisi di pos penjagaan gerbang desa yang berbatasan dengan Kabupaten Dairi tersebut.

Di Desa Kuta Jungak tersebut, juga sudah tersedia pos relawan desa covid-19 yang akan memantau dan memeriksa warga yang akan masuk ke Pakpak Bharat melalui jalur desa tersebut.

Camat Siempat Rube, Morasi J Berutu mengatakan bahwa, relawan desa Covid-19 dikecamatannya terus memonitoring mobilitas warga dan selalu berkordinasi dengan para tim kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta unsur lainnya dalam operasional pos ini, termasuk memantau 3 orang warganya yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Penulis : Idem
Editor : Chairul

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here