Hanya dengan mengenakan celana dalam, pelaku berinisial MYP yang sempat dikeroyok warga terlihat diamankan petugas PJR Ditlantas Poldasu/foto : ist

Onlinesumut-TANJUNGMORAWA : Warga jagad maya di Sumatera Utara mendadak heboh dengan beredarnya video penangkapan terhadap 3 orang pria di atas Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera), Jum’at (3/4/2020).

Bahkan dalam sekejap, video itu langsung viral dan sudah ditonton ribuan kali. Dalam rekaman terlihat bagaimana emosi warga dan kondisi 3 pelaku yang terlihat tak berdaya. Termasuk salahsatunya yang digelandang hanya dengan mengenakan celana dalam.

Di sisi tol yang terlihat dikerumuni warga, 1 unit mobil jenis Toyota Avanza berwarna hitam BK 1060 DH yang digunakan komplotan pelaku tampak rusak. Kaca bagian belakang juga pecah.

Ternyata, video tersebut direkam saat kawanan pencurian ban mobil ini ditangkap warga di Dusun IX, Desa Bangusari, Kec. Tanjungmorawa, tepatnya di Jalan Tol Belmera Km 31.

Ketiga pelaku setelah diamankan ke Mapolsek Tanjungmorawa/foto : nyak

Data yang dihimpun, terungkapnya aksi komplotan pencuri ban mobil dan ban serap ini berawal ketika korban Robert Ginting, warga Gang Jaya, Dusun IX, Desa Bangunsari Baru yang hendak membeli ban ke Jl. Tritura, Medan Johor.

Ternyata, sebelumnya pria 22 tahun itu telah menjadi korban pencurian. Ban serap mobilnya hilang ketika kendaraan itu diparkirnya di Jl. Medan-Lubukpakam persisnya di depan gudang Wiraland pada Minggu dinihari, 29 Maret 2020 lalu sekitar jam 01.00 WIB. Dari rekaman kamera pengintai CCTV, pelakunya mengendarai mobil jenis minibus Toyota Avanza warna hitam BK 1060 DH.

Pucuk Dicinta, Ulam pun Tiba. Kamis, 2 April 2020 kemarin sekitar pukul 15.00 WIB. Di saat korban tengah melintas, tiba-tiba ia melihat mobil yang dilihatnya di CCTV tengah melakukan transaksi dengan penjual ban yang terlihat akan menadah hasil curian miliknya.

Korban pun langsung mendekat. Tapi ternyata, gerak-gerik korban diketahui pelaku hingga akhirnya kawanan maling itu panik dan langsung tancap gas berupaya melarikan diri. Tak mau kehilangan jejak pelaku, korban pun melakukan pengejaran sambil berteriak minta tolong.

Di tengah kepanikan, komplotan pelaku pun terlihat melaju ugal-ugalan di jalan hingga sempat menabrak pengendara lainnya, sebelum mobil pelaku akhirnya menerobos masuk ke jalur tol Medan-Tanjungmorawa.

Aksi korban yang mengejar pelaku ini ternyata ini dilihat oleh tiga pengguna sepeda motor hingga mereka ikut memburu mobil pelaku hingga masuk ke dalam tol.

Persis di Km 31, pelaku yang sudah ketakutan lantas menghentikan laju kendaraannya dan memilih kabur masuk ke pemukiman warga di Gang Darmo, Dusun IX, Desa Bangunsari.

Melihat kejadian itu, petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Poldasu yang tengah melakukan patroli, akhirnya bersama warga turut mengejar pelaku. Tak berselang lama, tiga orang pelaku berhasil dibekuk. Sedangkan seorang lagi berhasil lolos dari uberan polisi dan warga. Untuk menghindari amuk massa, ketiganya beserta barang bukti mobil selanjutnya dievakuasi ke Mapolsek Tanjungmorawa.

Kapolsek Tanjungmorawa AKP Sawangin, saat dikonfirmasi menjelas kan ketiga tersangka yang diamankan itu masing-masing berinisial MAP (45), RH (36) dan WK (35).

“Ketiganya warga Jl. Brigjen Katamso Medan,” ungkapnya, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, Sawangin mengimbau apabila ada warga yang kehilangan ban saat parkir, agar segera membuat laporan ke Mapolsek Tanjungmorawa.

Penulis : Budi Nyata
Editor : Yudis

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here