Proses pengerjaan akses TPU Simalingkar B yang digunakan untuk pemakaman jenazah korban Covid-19/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Setelah menetapkan Taman Pemakaman Umum (TPU) Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan sebagai lokasi pemakaman jenazah korban Covid-19, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), terus mempersiapkan sarana dan prasrana, terutama akses jalan masuk mobil ambulance untuk mengangkut jenazah.

Diperkirakan, proses pengerjaan akan rampung dalam dua hari kedepan. Dengan demikian mobil jenazah akan mudah memasuki lokasi pemakaman guna mendukung kelancaran prosesi pemakaman jenazah.

Ditunjukkan TPU Simalingkar B sebagai lahan untuk mengebumikan khusus pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meninggal dunia, sebagai antisipasi apabila terjadinya penolakan dari warga atas jenazah positif Covid-19 yang hendak dimakamkan di pemakaman umum.

Proses pengerjaan akses TPU Simalingkar B yang digunakan untuk pemakaman jenazah korban Covid-19/foto : ist

“Proses pengerjaan jalan masuk mobil ambulance terus dilakukan. Alhamdulillah, berkat kerja keras yang dilakukan, kita perkirakan dalam dua hari ke depan akan selesai sehingga mobil ambulan dengan mudah memasuki lahan perkuburan,” kata Kadis DKP Kota Medan HM Husni di Medan, Rabu (1/4/2020).

Di lokasi, proses pengerjaan berjalan lancar. Puluhan pekerja tampak terus bekerja untuk menyelesaikan jalan masuk untuk mobil ambulance tersebut. Pengerjaan juga melibatkan petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan agar cepat selesai. Satu unit alat berat milik Dinas PU juga diturunkan untuk mempercepat proses penyelesaian.

Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah juga turut serta dalam pengerjaan jalan masuk untuk mobil ambulan. Zulfansyah pun tampak berulangkali memberikan instruksi kepada sejumlah pekerjanya guna mempercepat penyelesaian.

“Usai pembukaan akses jalan masuk untuk mobil ambulance, kita kemudian melakukan pengerasan. Kita harapkan dalam dua hari ini pengerjaannya selesai,” jelas Zulfansyah.

Terkait adanya penolakan warga yang tidak menginginkan jenazah korban Covid-19 dikebumikan di TPU Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, sebelumnya telah digelar sosialisasi dan edukasi terkait Panduan Protokol Pengurusan Jenazah Pasien Covid-19 di Balai Pertemuan Kantor Camat Medan Tuntungan, Jl. Bungai Melati, Senin, 30 Maret 2020.

Dalam sosialisasi, juga diputarkan video tentang proses penanganan jenazah pasien Covid-19 yang dilakukan dalam beberapa fase. Selain selalu disemprotkan cairan desinfektan, juga ketika sudah di masukkan ke dalam peti jenazah dan hendak di masukkan ke dalam mobil jenazah atau ambulance, tetap dilakukan penyemprotan sebelum dibawa menuju pemakaman.

Bahkan, melalui aturan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, pemakaman jenazah pasien boleh dikuburkan harus memenuhi sejumlah ketentuan, seperti pemakaman berjarak 500 meter dari pemukiman warga. Kemudian, lokasi kuburan berada 50 meter dari sumber mata air tanah. Begitu juga dengan kedalaman dan ketinggian tanah yang akan menutup liang kubur.

Editor : Yudis/ril

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here