Ketiga komplotan pencurian ponsel yang diamankan Tekab Polsek Tanjungmorawa/foto : ist

Onlinesumut-TANJUNGMORAWA : Team Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Tanjungmorawa, berhasil mengungkap aksi pencurian 2 unit ponsel milik seorang karyawan pabrik bernama Deri Pratama, yang raib dari dalam kamar kosnya di Jl. Industri, Desa Tanjungmorawa B, Kec. Tanjungmorawa, Kab. Deliserdang, Sumatera Utara pada Sabtu, 28 Maret 2020 lalu.

3 orang anggota komplotan yang bertindak sebagai pelaku pencurian dan penadah, berhasil dibekuk.

Para pelaku yang merupakan warga Jl. Industri, Gang Tapai, Dusun I, Desa Tanjungmorawa B, Kec. Tanjungmorawa, masing-masing berinisial IL (24), IR (33) dan HS (30). Mereka diringkus petugas di lokasi berbeda.

Kapolresta Deliserdang Kombes Yemi Mandagi, SIK melalui Kapolsek Tanjungmorawa AKP Sawangin, SH, ketika dikonfirmasi mengatakan sebelumnya tindak pidana itu terjadi saat 2 unit ponsel merek Xiomi warna silver dan merek Realme warna biru milik pemuda asal Dusun II, Kab. Asahan itu sedang ditinggalnya sebentar dikamar kosnya, karena sedang dicas. Namun korban kaget begitu ia kembali sekitar pukul 23.30 WIB, kedua ponsel android itu sudah raib.

“Kemudian mengetahui kedua ponsel miliknya telah hilang korban, Deri Pratama pun membuat laporan ke Mapolsek Tanjungmorawa Polresta Deliserdang,” ujar Sawangin, Senin sore (30/3/2020).

Menindaklanjuti laporan korban, Tekab Polsek Tanjungmorawa langsung merespon dan bergerak cepat melakukan penyelidikan. Tidak butuh waktu lama, dari hasil penyelidikan di lapangan diketahui bahwa salahsatu tersangka IL sedang berada dirumahnya di Jl. Industri, Tanjungmorawa B.

“Kemudian sesaat itu juga tersangka IL diamankan petugas tanpa perlawanan. Pada saat dilakukan interogasi terhadap IL, ia mengakui telah mencuri 2 unit ponsel itu bersama temannya IR dengan cara masuk melalui jendela kamar. Tidak lama, giliran tersangka IR juga berhasil diamankan petugas tanpa perlawanan,” urainya.

Kepada Petugas, sambung Sawangin, kedua tersangka mengaku kedua ponsel itu telah dijual kepada HS seharga Rp1,9 juta. Atas pengakuan tersebut, petugas pun bergerak melacak keberadaan tersangka HS. Melalui petunjuk IL, tersangka HS juga berhasil diamankan petugas tanpa perlawanan.

“Dari tersangka HS didapati barang bukti berupa 2 unit ponsel korban. Dan saat ini ketiga tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolsek Tanjungmorawa Polresta Deliserdang untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkas Sawangin.

Penulis : Budi Nyata
Editor : Teuku

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here