Kondisi jalur masuk ke SDN Kuta Onan di Desa Kaban Tengah, Kec. Siteli Tali Urang Jehe (STTU Jehe) yang ditutup dengan seng, kayu dan batu/foto : bem

Onlinesumut-PAKPAK BHARAT : Diduga karena tersinggung terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat, Sumatera Utara, sebuah keluarga di Desa Kaban Tengah, Kec. Siteli Tali Urang Jehe (STTU Jehe), memblokir akses ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kuta Onan.

Akibatnya, aktivitas pendidikan di sekolah tersebut terganggu. Para siswa dan guru terpaksa menjalani jalan setapak untuk bisa masuk ke sekolah.

Apalagi bagi para guru yang menggunakan kendaraan. Mereka terpaksa berhati-hati saat melintasi akses ke sekolah yang sempit.

SD Negeri Kuta Onan yang kini terisolir akan penutupan akses masuk/foto : bem

“Tidak ada jalur lain selain akses ini. Mau gimana lagi, kita gak tau persis apa masalahnya, tapi kami para guru dan anak-anak yang kena imbas,” celetuk seorang guru yang minta namanya dirahasiakan, Rabu (26/2/2020).

Kendati demikian, penutupan jalan itu tak mempengaruhi atau mengganggu aktivitas di sekolah tersebut.

“Pastinya kami hanya bisa berharap Pemkab Pakpak Bharat bisa lebih bijaksana untuk segera menyelesaikan masalah ini agar kami guru dan siswa bisa lebih nyaman saat datang ke sekolah,” harap si guru.

Pantauan di lapangan, di tengah akses masuk ke sekolah tersebut tersebut terlihat ditutup dengan menggunakan seng, kayu dan batu.

Ternyata, hal tersebut dipicu sikap Pemkab Pakpak Bharat yang dituding keluarga Over Sinulingga melakukan pengaspalan jalan yang diklaim mereka tanah miliknya tanpa permisi dan tidak meminta izin.

“Kami sangat tersinggung dan kecewa terhadap Pemkab Pakpak Bharat yang mengaspal di atas tanah kami tanpa izin,” kecam Over Sinulingga.

Tak puas sekadar meluapkan kekecewaan saja, pihak keluarga yang mengaku pemilik tanah yang kini diaspal itu juga mengancam akan mengambil langkah tegas atas masalah ini.

“Kami akan gugat Pemkab Pakpak Bharat yang jelas-jelas telah merampas hak warganya secara sewenang-wenang,” ancamnya.

Penulis : Bempan
Editor : Yudis

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here