Pertemuan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dengan Pemimpin BNI KC Sibolga Chandra Nazmul membahas KUR Tani/foto : ist

Onlinesumut-TAPANULI TENGAH : Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Pemimpin BNI KC Sibolga Chandra Nazmul, membahas penyediaan dana untuk usaha pertanian dan usaha lainnya yang ditangani oleh masyarakat melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), khususnya KUR Tani.

“Kita harapkan Petani Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berhasil usahanya melalui KUR Tani. Target kita, ada sekitar Rp. 150 miliar dana yang akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani. Kita buatkan kerjasama dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah agar dapat membuka dan mengolah lahan pertaniannya hingga produktif dan menguntungkan petani,” kata Bupati Bakhtiar.

Hal tersebut diungkapkan Bakhtiar dihadapan Pimpinan BNI KC Sibolga Chandra Nazmul didampingi Pemimpin Resiko Bisnis BNI KC Sibolga Judil Hutagaol dan Pemimpin BNI Kantor Kas Pandan Abdi Pane di Ruang Garuda Kantor Bupati Tapanuli Tengah, Senin (24/2/2020).

“Melalui KUR Tani ini kita harapkan dapat meningkat produktifitas pertanian sekaligus sebagai upaya mensejahterakan petani dan membuka lapangan kerja di sektor pertanian,” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga akan mengembangkan pertanian yang tidak hanya terfokus pada tanaman padi saja, namun bisa jagung, bawang, cabe, umbi-umbian, ternak ayam, dan lainnya.

Bupati menjelaskan bahwa tindak lanjutnya nanti adalah membuat Nota Kesepahaman (MoU), kemudian berapa dana yang akan dikucurkan per masing-masing kelompok tani, bagaimana syarat-syaratnya, bagaimana sosialisaninya, maupun tindak lanjutnya dengan Petugas Lapangan.

“Intinya para Petani di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat menggunakan dana usaha rakyat mendukung apa saja di sektor Pertanian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani di Tapanuli Tengah,” imbuhnya.

Selanjutnya, Pemimpin BNI KC Sibolga Chandra Nazmul mengatakan pada prinsipnya pihak BNI siap untuk mendukung apa-apa saja yang menjadi program-program Pemkab Tapteng dan pihak BNI KC Sibolga siap mendukung, baik itu dana maupun pinjaman.

“Pinjaman ini merupakan salah satu program pemerintah. Kami sampaikan kepada Bapak Bupati bahwa kita siap untuk mensejahterakan para petani dan para peternak yang ada di Tapanuli Tengah,” tukas Chandra.

Penulis : Benny
Editor : Chairul

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here