Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat bersama Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso ketika memeriksa barisan pasukan/foto : ist

Onlinesumut-LABUHANBATU : Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, SIK, SH, MH bersama Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, memimpin Apel Kesiapan Tiga Pilar Plus yang digelar di Lapangan Jl. HM Thamrin, Kota Rantauprapat, Selasa (25/2/2020)

Kegiatan ini digelar untuk mengecek kesiapsiagaan pasukan dalam menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kab. Labuhanbatu Raya, Sumatera Utara.

AKBP Agus Darojat dalam sambutannya mengatakan, sangat dibutuhkan koordinasi secara baik dalam penanggulangan dan penanganan Karhutla.

“Mari kita siapkan semua peralatan yang dimiliki untuk untuk dapat memadamkan api saat terjadi kebakaran lahan,” tandas Agus.

Dalam kesempatan itu juga, Agus Darojat berharap kepada masyarakat, serta pimpinan perkebunan pemerintah maupun swasta untuk mengambil 4 langkah guna mengantisipasi Karhutla.

Diantaranya, elakukan pencegahan dengan membuat parit parit untuk menampung air, embung yang mengairi atau membasahi lahan kering dan kanal tower air tempat penyimpanan air dan menyiapkan peralatan pemadam api berupa, alat semprot air dan lain lain yang dapat digunakan pada saat terjadinya Karhutla

Dan juga para pemimpin perkebunan menyiapkan karyawan yang terlatih untuk pemadaman dan penanggulangan apabila terjadi Karhutla serta yang bisa memberikan pengarahan atau sosialisasi kepada masyarakat dan karyawan supaya tidak melakukan pembakaran pada saat pembersihan lahan.

“Bagi personel Babinsa, Bhabinkamtibmas berikan himbauan, sosialisasikan kepada warga masyarakat dimana saudara bertugas agar masyarakat memahami bahaya diri,” ungkapnya.

Apel tiga pilar itu turut dihadiri perwakilan Kajari Labuhanbatu, BPBD Labuhanbatu, DPRD Labuhanbatu, Plh Sekda Labuhanbatu, OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Chairul

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here