Pihak TNI bersama Muspika Kec. Lumut, Tapteng terlihat berkoordinasi untuk memadamkan Karhutla yang membakar lahan PT FIA/foto : ben

Onlinesumut-TAPANULI TENGAH : Setelah sebelumnya melanda hutan di wilayah Kec. Sarudik, Minggu siang (23/2/20202), giliran kawasan Kec. Lumut di Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara yang dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurut informasi, titik api dikabarkan berasal dari lahan milik perusahaan perkebunan PT Fajarindah Anindya (FIA).

Terkait bencana ini juga diungkapkan Camat Lumut H Kadirun Hasibuan Minggu malam usai meninjau lokasi kebakaran.

“Kebakaran lahan kebun PT FIA, Blok 1 dan Blok 2 Gunung Payung Kel. Lumut diketahui terjadi atas laporan warga bernama Januar Waruwu, yang sedang memancing dan melihat api di lahan PT FIA sudah berkobar,” terang Kadirun.

Selanjutnya, Januar langsung memberitahukan kepada Manager PT FIA, Sunar Koto. mendengar itu. Manager PT FIA melapor pada BKO Koramil 04/PS, Sertu Panggabean Hasibuan.

Guna mengantisipasi meluasnya karhutla, Sertu Panggabean Hasibuan berkoordinasi dengan Babinsa Lumut, TN Berutu dan dibantu Petugas BPBD Kec. Lumut, Maju Simatupang, bersama seluruh karyawan PT FIA langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Jelang sore sekitar pukul 16.30 Wib, api sudah dapat dipadamkan.

Pasca kejadian, Camat Lumut H Kadirun Hasibuan, S.Pd menjelaskan bahwa luas lahan PT FIA yang terbakar dan berhasil dipadamkan diperkirakan mencapai 15 hektar.

“Kami telah laporkan karhutla ini kepada Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani. Bahwa Bupati berpesan hal ini tidak boleh terulang kembali dan pemerintah Kecamatan, Lurah, kepala desa, berkoordinasi dengan instansi terkait untuk benar-benar memonitor dan mencegah terjadinya karhutla di wilayah masing-masing,” ucapnya menirukan pesan bupati.

“Tindakan kesengajaan atau kelalaian kita serahkan kepada aparat Kepolisian untuk menyelidikinya,” beber Camat Kadirun.

Penulis : Benny
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here