Ilustrasi

Onlinesumut-TAPANULI TENGAH : Seorang oknum ‘Pendamping Desa’ terancam dipecat, menyusul keberatan pihak 3 desa yang merasa dirugikan atas perbuatannya dan menudingnya telah menyalahi aturan kerja dan fungsinya di Kecamatan Sitahuis, Kab. Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara.

Pendamping desa berinisial IS itu, diduga melanggar tupoksi kerjanya. Padahal menurut sepengetahuan tugas dan fungsinya secara umum pendamping desa bertugas mendampingi desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Pendamping Desa sendiri dibagi dalam tiga kategori yang terdiri dari tenaga pendamping profesional, kader pemberdayaan masyarakat desa, dan atau pihak ketiga.

Disebutkan ada tujuh kategori tugas dan fungsi sebagai pendamping desa antara lain, mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Selain itu, melakukan peningkatan kapasitas bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan desa yang baru.

“Sekarang ada tiga desa yang enggan memberikan RAP kepada dia (IS). Desa Simaninggir, Desa Rampah dan Mardame,” kata Kades yang enggan namanya dicantumkan di media, Jum’at (14/2/2020).

Diketahui selama ini diduga IS telah melakukan kecurangan dalam berkerja diduga menjadi suplier, pengadaan sehingga berkenan sampai ikut membuat RAP.

“Diduga ternak babi yang ada di tiga desa disebut-sebut permainan pendamping desa hingga diduga mengambil keuntungan pribadinya,” timpalnya.

Penulis : Ben
Editor : Chairul

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here