Sejumlah guru berstatua ASN yang berdinas di SMKN 2 Dharma Caraka Telukdalam memasang poster di dinding ruangan sekolah berisi tuntutan agar Restetis Sarumaha segera dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Sekolah/foto : hia

Onlinesumut-NIAS SELATAN : Sejumlah guru SMKN 2 Dharma Caraka Telukdalam, Kab. Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara, kembali mendesak Gubsu melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut segera mencopot Kepala Sekolah (Kepsek) Restetis Sarumaha S PAK, yang mereka tuding selalu bersikap arogan dan tidak profesional.

Desakan tersebut disampaikan oleh sejumlah guru ASN SMKN 2 Dharma Caraka kepada sejumlah wartawan di Baloho Telukdalam, Jum’at (14/2/2020). Karena akibat ‘tabiat’ sang Kepsek, para pendidik ini mengaku tidak nyaman mengajar di sekolah karena selalu mendapat intimidasi dari oknum pimpinan mereka tersebut.

“Kami para guru SMKN 2 Dharma Caraka sering mendapat ancaman yang dilontarkan oleh kepala sekolah. Bahkan belakangan ini beredar isu bahwa semua guru yang telah melaporkan kepala sekolah tersebut akan dipindah tugaskan di sekolah yang berada di daerah pelosok Nisel,” kata guru berinisial BHL dan dibenarkan oleh guru lainnya.

Senada, guru berinisial YGD mengaku selama Restetis Sarumaha menjabat sebagai Kepsek, tidak pernah dilakukan pelatihan dan penilaian guru di sekolah. Bahkan tenaga pendidik kesulitan memperoleh buku bahan mengajar.

“Selain itu, para guru dipersulit terkait pengurusan dokumen Sarana Kerja Pegawai (SKP) dan dokumen lainnya,” ujarnya.

Sejumlah guru lainnya diantaranya MS, ISM, AD, MSR, LM, AL dan YM berharap Gubernur Sumut melalui Disdik Provinsi, segera mengambil tindakan dan mencopot Restetis Sarumaha dari jabatannya sebagai Kepsek.

Sementara Kasi SMK cabang Dinas pendidikan Telukdalam Disdik Provinsi Sumut, Ar Wau mengatakan, terkait keluhan sejumlah guru SMKN 2 Dharma Caraka segera disampaikan kepada Kacabdis Telukdalam.

“Semoga keluhan para guru tersebut terkabulkan dengan catatan perlu pertimbangan karena SK kepala sekolah tersebut dikeluarkan oleh gubernur Sumut,” katanya.

Pantauan wartawan di SMKN 2 Dharma Caraka, sejumlah guru menggelar aksi damai memasang poster di masing-masing dinding ruangan sekolah berisi tulisan “Kami menolak Restetis Sarumaha sebagai kepala sekolah SMKN 2 Dharma Caraka Telukdalam” sementara di poster lainnya juga termuat harapan agar kepala sekolah tersebut segera dicopot.

Penulis : Hasan Hia
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here