Suasana mencekam di seputar Masjid Al Amin, Jl. Belibis, menyusul penyerangan brutal sejmlah orang/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Tindak kriminal berunsur sara yang menyakiti Umat Muslim terjadi di Sumatera Utara, saat Masjid Al Amin di Jl. Belibis, Kel. Kenanga, Kec. Percut Seituan, Kab. Deliserdang, diserang secara brutal oleh sekelompok orang, Jum’at malam (24/1/2020)

Penyerangan secara tiba-tiba sambil melempari batu ke arah masjid yang dilakukan sekelompok orang itu, membuat beberapa bagian masjid rusak. Pintu dan jendela yang berbahan kaca juga pecah.

Informasi peristiwa itu dengan cepat meluas, setelah sejumlah warga menyebarkan video penyerangan ke media sosial, hingga mengundang kelompok ormas Islam hadir ke lokasi.

Jamaah masjid yang sebelumnya kalah jumlah, akhirnya bisa melakukan perlawanan setelah dukungan umat Islam dari luar kawasan Mandala datang. Situasi inipun sempat membuat suasana di lokasi mencekam, setelah aksi balasan ke arah kelompok penyerangan dilakukan.

Untuk meredam meluasnya kerusuhan, polisi langsung terjun ke lapangan membubarkan bentrok dua kelompok bertikai sekaligus mengamankan masjid.

Sejumlah orang yang diduga kuat pelaku penyerangan masjid diamankan polisi.

Informasi berkembang, penyerangan ini dipicu penutupan paksa lapo tuak di sekitar masjid yang selama ini dikeluhkan jamaah dan warga karena kerap menjadi biang keributan hingga kerap mengganggu umat Islam beribadah

Pengelola lapo dan pengunjungnya, dikabarkan juga sempat marah saat jamaah masjid memita mereka untuk menjaga toleransi umat beragama. Bukannya memahami, mereka justru melakukan penyerangan. Sabtu dinihari (25/1/2020) situasi akhirnya mulai terkendali.

Penulis : Tim

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here