Muhammad Bobby Afif Nasution (kaos hitam) tampak serius ikut menanam sayur bersama tim Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Lahan kosong seluas 1.000 meter di Jl. Eka Rosa, Kec. Medan Johor dimanfaatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kreatif untuk bercocok tanam berbagai sayuran.
Meski dengan keterbatasan, usaha mereka mengembangkan pertanian dan perkebunan di perkotaan patut diapresiasi.

Kegiatan itu sudah mereka jalankan sejak 2009 lalu. Dalam bercocok tanam, Gapoktan yang dikoordinir Ir Juliana Astuti, melibatkan masyarakat sekitar, mahasiswa dan pihak lainnya.

Kini, mereka juga ingin melibatkan tokoh muda Kota Medan Bobby Nasution dalam pengembangan usaha mereka. Apalagi Bobby memiliki latar belakang pendidikan S1 dan S2 di Institut Pertanian Bogor.

Hal ini terekam saat Gapoktan Kreatif mendapat kunjungan Bobby Nasutionr, Kamis Sore, 9 Januari 2020 lalu.

Ketua Gapoktan Kreatif Medan Johor Ir Jualiana Astuti pun merasa senang dengan kehadiran Bobby yang digadang-gadang maju di Pilkada Medan 2020.

“Saya senang dengan kehadiran Mas Bobby. Masih muda, masih punya energi cukup besar. Harapannya, ada perubahan untuk Kota Medan bila nanti jadi Walikota Medan karena ini zamannya anak muda,” tandasnya.

Di sisi lain, Juliana Astuti menyatakan, tujuan utama mereka berkebun sayuran untuk memberikan pangan sehat.

“Agar masyarakat bisa mengonsumsi sayuran sehat meski lahan seadanya. Kami juga dibantu mahasiswa pertanian,” terangnya.

Sementara itu, Bobby Nasution menyatakan kedatangannya ke areal kebun itu melihat kreasi dan kreativitas dan berkolaborasi dalam pengembangan pertanian perkotaan yang memiliki keterbatasan soal lahan yang ada.

“Tentu kedatangan ini juga ingin melihat potensi Gapoktan agar dikolaborasikan dengan yang lainnya,” jelas pemilik nama lengkap Muhammad Bobby Afif Nasution tersebut.

Jebolan S2 Agribisnis ini ingin membantu Gapoktan Kreatif Medan Johor untuk bisa menghasilkan sayuran dan dipasarkan dengan konsep yang ingin ditawarkan Bobby. Kekurangan yang ada, akan dikolaborasikan dengan industri lainnya.

“Seperti kemasannya, pemasarannya bagaimana dan lain sebagainya. Karena untuk memasarkan sebuah produk, membutuhkan kemasan yang menarik,” kata suami Kahiyang Ayu itu.

Di sisi lain, Bobby menawarkan kolaborasi Gapoktan Kreatif dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Saya dan teman di HIPMI ada program UMKM. Kita ingin membantu pelaku-pelaku UMKM, kami butuh nasihat dan masukan,” imbuhnya.

Keinginan ayah Sedah Mirah Nasution untuk menghadirkan rumah kemasan pun diamini Gapoktan Kreatif Medan Johor.

Saat ini, Gapoktan Kreatif memang membutuhkan kemasan dan desain yang menarik untuk hasil kebun mereka.

Dalam kesempatan itu, menantu Presiden Jokowi itu pun ikut menanam jenis sawi, atau dalam bahasa latinnya Pakcoy bok choy (Brassica rapa Kelompok Chinensis).

Penulis/Editor : Buwas

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here