Suasana di rumah duka dalam menyambut kedatangan jenazah Almarhum Lettu (Inf) Erizal Zuhri/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Pasca dikabarkan tewas, jenazah Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar, Anggota Sat Gultor 81 Kopassus yang tewas dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Rabu (18/12/2019) siang tadi sudah diterbangkan ke Medan.

Menurut informasi dari satuannya di Pasukan Baret Merah, jenazah Dan unit 1/1/2/Yon 812 yang masih berusia 29 tahun itu sudah diterbangkan dari Bandara Timika ke Bandara Soetta pada pada pukul 14.40 WIT tadi dan diperkirakan tiba sekitar pukul 18.40 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 20.00 WIB malam nanti, akan langsung diterbangkan ke Bandara Kualanamu di Kab. Deliserdang dan akan dibawa ke rumah duka di Jl. Sisingamangaraja Aspol Blok Seroja No.1, Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara lewat jalur darat.

Pejabat yang mendampingi jenazah yaitu Dansat 81 Kopassus Kol (Inf) Willy Brodus. Sedangkan pejabat yang berangkat mendahului ke Medan yaitu Danyon 812 Mayor (Inf) Eka Wira dan Pasipers Yon 812.

Untuk diketahui, selama bertugas di Papua, almarhum tergabung dalam Satgas Nemangkawi. Erizal tewas bersama anak buahnya Serda Rizky dalam kontak tembak di daerah Sugapa, Kab. Intan Jaya, Papua.

Persiapan di Rumah Duka

Sementara itu, kesedihan terlihat menyelimuti kediaman Erizal di Kota Sidikalangan. Jejeran papan bunga dan ucapan belasungkawa dengan memajang foto putra terbaik dari Dairi itu juga tampak menghiasi kota.

Teratak juga sudah didirikan. Kerabat dan tetangga juga terus berdatangan bertakziah atas wafatnya Erizal.

Seperti diketahui, tak hanya keluarga besar Kopassus, tewasnya Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar setelah terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Selasa, 17 Desember 2019 kemarin, juga menyisaka duka mendalam bagi Sumatera Utara.

Tak banyak yang tau, kesuma bangsa yang selama ini bertugas di pasukan elite Sat Gultor 81 Kopassus merupakan putra asli Dairi, salahsatu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan ia juga lulusan SMA Negeri 1 Sidikalang.

Kesedihan rupanya turut dirasakan keluarga besar Polres Dairi. Karena ternyata, Lettu Erizal adalah putra kedua Aiptu Rukur Sidabutar, seorang bintara di Polres Dairi yang bertugas di Sat Binmas.

Meskipun hanya berpangkat Aiptu, Rukur sukses mengantarkan tiga anaknya jadi perwira TNI. Dua orang jebolan Akmil Angkatan Darat dan seorang lagi Akademi Angkatan Laut.

“Kabarnya, jenazah masih di Papua dan sedang dalam proses pengiriman ke Sidikalang,” kata Kasubag Humas Polres Dairi, Ipda Donni Saleh kepada wartawan saat ditemui di rumah duka Aiptu Rukur, kompleks Asrama Polisi Polres Dairi, Sidikalang.

Donni Saleh juga mengatakan, menurut informasi yang ia dapat, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar gugur saat terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Distrik Sugapa, Kab. Intan Jaya, Provinsi Papua.

“Kejadiannnya pukul 16.00 WIT,” ujar Donni.

Penulis/Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here