Jonathan Kevin Marulitua Simanjuntak, Taruna Akmil 2019 asal Sumut yang dinobatkan sebagai lulusan terbaik dalam Tipdiksar/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Ada kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Utara, ditengah-tengah Upacara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara (Prabhatar) Taruna Akpol tahun 2019 di Magelang, Jawa Tengah, Kamis 31 Oktober 2019 lalu.

Karena dalam kegiatan yang dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta turut dihadiri Gubernur Sumut Letjen (Purn) Edi Rahmayadi, ketika tiba pengumuman nama-nama wisudawan/ ti terbaik, ternyata dari 860 Prabhatar yang terdiri dari putra 806, putri 54, Akmil 364 Taruna, AAL 115 orang, AAU 117 orang dan Akpol 264 orang, Jonathan Kevin Marulitya Simanjuntak, No Ak : 201.039, yang merupakan asal Sumut, dinobatkan sebagai lulusan terbaik Tipdiksar.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyematkan gelar taruna terbaik kepada Jonathan Kevin Marulitua Simanjuntak dari seluruh Matra/foto : ist

Meski dari kalangan keluarga biasa tanpa latar belakang militer, nama Jonathan semakin melambung karena ia mampu bersaing diantara ribuan orang yang mulai dari mengikuti test tahapan seleksi sampai dengan mengikuti pendidikan candradimuka sehingga menjadi yang terbaik di wisuda oleh Panglima TNI pada akhir bulan lalu.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Jonathan Kevin Marulitua Simanjuntak yang kini telah mengharumkan nama Sumut lewat torehan prestasinya? Untuk mengupas sosok remaja kelahiran Medan, 2 Agustus 2000 itu, Redaksi Onlinesumut sempat menyambangi kediamannya di Jl.Prof. Zulkarnain. USU. Medan dan mewawancarai pasangan Joseph Simanjuntak-Martauli Napitupulu, kedua orangtuanya.

Jonathan Kevin Marulitua Simanjuntak berfoto bersama orangtuanya dan kerabatnya usai diwisuda/foto : ist

Keduanya yang baru kembali ke Medan usai menghadiri wisuda Prabhata sang putra di Magelang, Jawa Tengah mengaku, mereka tidak menyangka Jonathan tidak hanya membuat keluarganya bangga, namun juga membuat harum nama Sumatera Utara.

“Kami juga tidak menyangka masuk militer jadi pilihannya Jonathan. Karena mulai masuk SMA Taruna Nusantara juga dia sendiri yang mencoba dan lulus sampai akhirnya seperti sekarang ini,” kisah orangtuanya memulai pembicaraan.

Menurutnya, sejak kecil Jonathan memang terbiasa selalu hidup disiplin, mandiri dan berprestasi, sekalipun di lingkungan keluarga orangtuanya tidak terlalu menerapkan aturan ketat, apalagi sampai ala militer.

Daftar 10 besar lulusan wisudawan Taruna 2019 terbaik/foto : ist

“Hidupnya memang sangat teratur dan itu dia sendiri yang buat. Padahal keluarga kami tidak ada yang berlatarbelakang militer. Saya sendiri adalah wiraswasta, sedangkan ibunya pegawai di bank BNI 46. Kemudian mulai dari TK di Methodist Medan, SD hingga SMP di Santo Yoseph Jl. Pemuda Medan , ia selalu berprestasi.

Begitu juga saat lulus ke SMA Taruna Nusantara. Tanpa sepengetahuan orangtua, Jonathan mendaftar sendiri, melalui panda khusus SMA Taruna Nusantara, hingga akhirnya diketahui saat ia dipanggil untuk mengikuti seleksi.

“Selama sekolah di Magelang, ia juga dikenal sebagai anak yang aktif dalam berbagai kegiatan. Ia juga dipilih sebagai Patroli Keamanan Sekolah (PKS) ibaratnya seperti provost di militer untuk mengawasi teman-teman sekolahnya,” sebutnya.

Sifat disiplin yang selalu ditunjukkannya, akhirnya membuat kedua orangtuanya hanya bisa merestui ketika Jonathan memutuskan untuk mengikuti seleksi Akademi Militer (Akmil) selepas lulus SMA.

“Kami sangat bersyukur begitu mendapat kabar dia lulus Akademi Militer, yang memang menjadi cita-citanya hingga akhirnya bisa diwisuda sebagai taruna dengan nilai yang sangat membanggakan. Semoga kelak menjadi tentara yang mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia, dan selalu hidup dalam moral dan etika yg baik di dalam Tuhan,” ucap kedua orang tuanya.

Penulis/Editor : Yudis

 

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here