Gedung BPKP Sumut, tempat berlangsungnya pemeriksaan 14 pejabat di jajaran Pemko Medan terkait dugaan suap yang menjerat Walikota Medan non aktif Dzulmi Eldin/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali turun ke Medan, Senin (18/11/2019). Sejumlah pejabat di jajaran Pemko setempat kembali digilir untuk menjalani pemeriksaan

Pemeriksaan terhadap mereka yang masih berstatus saksi, kali ini digelar penyidik KPK di Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Sumatera Utara (BPKP Sumut), Jl. Gatot Subroto, Medan. Setelah berlangsung 10 jam, pemeriksaan berakhir sekitar pukul 18.20 WIB.

Dari pantauan di lokasi saksi yang terdiri dari Kepala Dinas di jajaran Pemko Medan menghindari awak media yang menunggu. Mereka pergi meninggalkan gedung BPKP Sumut dari pintu belakang dan samping kanan serta kiri.

Ada 14 orang saksi ya diperiksa. Mereka diperiksa untuk tersangka berinisial IAN terkait suap proyek dan jabatan di Pemko Medan Tahun 2019. Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah menjelaskan semua saksi yang diagendakan pemeriksaan hari ini, Senin (18/11/2019) hadir memenuhi panggilan penyidik.

“Pada 14 orang saksi tersebut didalami terkait dengan setoran yang diduga diberikan pada Walikota Medan, baik terkait jumlah ataupun sumber uang dan alasan pemberian. Apakah atas permintaan atau tidak,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (18/11/2019).

Dikatakannya, Selasa (18/11/2019) juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi lainnya di BPKP Provinsi Sumut.

“Kami imbau agar para saksi yang telah diagendakan agar dapat hadir dan memberikan keterangan dengan jujur. Sikap koperatif akan dihargai secara hukum,” tandas Febri.

Berikut identitas 14 saksi kasus dugaan suap Dzulmi Eldin hari ini:

1. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni
2. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan, Zulkarnain
3. Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis
4. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Ikhsar Risyad Marbun
5. Kadis Perumahan Kawasan Permukiman Dan Penataan Ruang Kota Medan, Benny Iskandar
6 . Kadis Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Medan, Suherman
7. Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis
8. Kadis Kesehatan Kota Medan, dr Edwin Effendi
9. Asisten Administrasi Umum Sekda Medan Renward Parapat
10. Direktur RSUD dr Pringadi Medan, Suryadi Panjaitan
11. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Medan, Bob Armansyah
12. Direktur PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya
13. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri
14. Kadis Pariwisata, Agus Suriyono.

Penulis : Buwas
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here