Camat Pangkatan,Chairuddin Nasution memperlihatkan perkembangan bunga bangkai di halaman kantornya/foto : ist

Onlinesumut-LABUHANBATU : Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, dibuat kaget dengan mekarnya bunga bangkai di sudut halaman Kantor Camat Pangkatan, Jl. Besar Negerilama, Dusun Kampung Jawa Pasar.

Bunga langka yang muncul di sudut kiri pagar memasuki halaman atau tepatnya di bawah tiang listrik PLN dan dibelakang spanduk imbauan milik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Labuhanbatu itu pun, langsung menjadi tontonan warga.

Camat Pangkatan, Chairuddin mengatakan, bunga bangkai dengan nama ilmiah Aamorphophallus Titanum Becc dengan tinggi sekitar 50 sentimeter dengan kelopak daun masih belum mekar secara utuh itu, diketahui tumbuh sejak 5 hari lalu.

Dengan tumbuhnya bunga langka di halaman tempatnya bekerja yang menjadi fenomena di daerah tersebut, Chairuddin mengaku sangat bersyukur karena merupakan satu anugerah dan keberuntungan. Apalagi, untuk wilayah Kecamatan Pangkatan, baru kali pertamanya bunga bangkai tumbuh.

“Bunganya sudah tampak membesar dan mulai mekar. Sudah banyak masyarakat berdatangan untuk menyaksikan bunga langka ini. Maka kami dan warga bekerjasama untuk menjaga bunga ini agar tidak rusak dan mati,” jelasnya.

M Yakub, seorang warga Perlayuan yang sengaja datang untuk melihat Bunga Bangkai ke Kantor Camat Pangkatan kepada Onlinesumut menyebutkan, bunga bangkai itu merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatera yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia.

Menurutnya, bunga langka yang masuk dalam kategori dilindungi itu, ketinggiannya, diameter dan beratnya bisa terus meningkat.

“Bunga Langka ini dapat tumbuh mencapai Empat meter dengan diameter 1,5 meter dan beratnya mencapai 10 Kg” ujarnya

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here