Tim instruktur penanggulangan kebakaran dengan APAR bersama para karyawan dan dokter RSU Tiara Kasih Sejati usai pelatihan,Jumat (8/11/2019)/foto : ist

Onlinesumut-PEMATANGSIANTAR : Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemko Pematangsiantar memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) kepada
para karyawan, dokter dan perawat RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, Jumat (8/11/2019).

Kegiatan yang dibuka Ketua Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, dr.Ferry Duan Purba, menghadirkan instruktur penanggulangan kebakaran dari kantor Satpol PP Bidang Pemadam Kebakaran,Rencus Sitompul dan M Hutagalung.

Terkait kegiatan itu, dr.Ferry Duan Purba mengatakan, pelatihan penanggulangan kebakaran dengan APAR sangat penting diikuti para karyawan dan dokter,sehingga jika terjadi kebakaran sudah memahami tindakan yang harus dilakukan.

“Pelatihan penanggulangan kebakaran sangat penting diikuti para karyawan dan dokter RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar,sehingga memahami tindakan dan langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran di rumah sakit,” ujar Ferry.

Sedangkan pelaksana tugas (Plt) Direktur RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, dr.Yenny Hastita mengatakan, dengan mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, para karyawan dan dokter diharapkan tidak lagi panik jika terjadi kebakaran, namun sudah memahami penggunaan alat pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Dengan mengikuti pelatihan pemadam kebakaran para karyawan dan dokter tidak lagi panik menghadapi situasi kebakaran,namun sudah memahami penggunaan alat pemadam kebakaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan termasuk menyelamatkan pasien serta dokumen-dokumen yang ada di rumah sakit,” sebut Yenny.

Yenny juga mengapresiasi kesediaan Satpol PP Pematangsiantar khususnya Bidang Pemadam Kebakaran yang memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran dengan APAR.

Sedangkan Kasatpol PP Pemko Pematangsiantar Robert Samosir diwakili Rencus Sitompul mengatakan, penanggulangan kebakaran awal sangat penting dipahami para karyawan dan dokter di rumah sakit.

“Jika terjadi kebakaran petugas pemadam kebakaran tidak bisa serta merta datang,sehingga karyawan dan dokter di RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar harus memahami penanggulangan awal dengan menggunakan APAR,sehingga kebakaran tidak meluas atau menunggu petugas pemadam kebakaran tiba,” kata Rencus.

Pada kegiatan tersebut para karyawan dari seluruh unit dan dokter RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar,diberikan pelatihan penanganan awal kebakaran dengan menggunakan racun api dan goni basah.

Selain itu juga dilakukan simulasi penanggulangan kebakaran dengan APAR seperi racun api dan goni basah.

Pelatihan pemadam kebakaran diikuti antusias oleh karyawan dan dokter RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar dan dihadiri juga direktur pengembangan PT Tiara Kasih Sejati, Donny Tahapary.

Editor : Buwas/ril

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here