Warga berupaya mengevakuasi bangkai babi yang turut dibuang ke Sungai Babura dan mulai memicu keresahan warga/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Bangkai babi muncul di aliran Sungai Babura tepatnya di kawasan Jalan Panegara, Padang Bulan, Medan. Kuat dugaan, bangkai itu sengaja dibuang hingga akhirnya hanyut dibawa arus.

Camat Medan Baru Ilyan Candra Simbolon mengatakan, bangkai babi yang dilihat warga di Sungai Babura berjumlah satu ekor. “Saat akan diambil warga kebawa arus,” ujarnya, Jumat (8/11/2019).

Tidak diketahui secara pasti apakah bangkai tersebut baru atau sudah lama. “Infonya dari daerah atas bangkainya. Karena di Medan baru steril tidak ada ternak babi,” terang Ilyan Candra.

Selain di kawasan Medan Baru, bangkai babi juga dikabarkan muncul di aliran sungai di kawasan Medan Johor.

Saat ini warga mulai resah dengan bau yang bersumber dari bangkai babi itu. Seperti yang terjadi di kawasan Sungai Bederah, Medan Marelan. Dimana terdapat puluhan hingga ratusan bangkai babi yang dibuang.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah memerintahkan seluruh kepala lingkungan (kepling) di jajarannya untuk mengawasi aliran sungai di wilayah masing-masing. Pengawasan di aliran sungai itu dilakukan agar tidak ada lagi oknum yang membuang bangkai babi sungai.

“Memastikan tidak ada lagi oknum yang membuang babi mati ke sungai. Diimbau babi yang mati agar ditanam (dikubur),” jelas Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane, Kamis (7/11) lalu.

Pihak kecamatan juga diimbau untuk berkoordonasi dengan pihak kepolisian serta koramil setempat. Apabila ada oknum yang tertangkap membuang bangkai babi, akan langsung di serahkan ke pihak yang berwajib.

Penulis/Editor : Buwas

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here